29.12.09

SANG PEMIMPI



Film ini buat saya sangat menginspirasi sama seperti film sebelumnya. Sang Pemimpi, dari judulnya tentu awalnya yang ada di pikiran kita adalah seseorang yang hanya mampu bermimpi tanpa bisa melakukan apapun, hanya melamun sambil berpangku tangan. Tapi dalam film ini, tidak akan ditemukan hal seperti itu. Pemain film yang ikut membintangi antara lain seperti Lukman Sardi (Ikal), Mathias Muchus (Seman Said Harun, Ayah Ikal), Nugie (Pak Balia sangat menginspirasi masa SMA Ikal, Arai dan Jimron) dan *surprise... surprise...* Nazril Irham (sebagai Arai dewasa).

Film sekuel dari Laskar Pelangi ini memiliki tiga tokoh utama, Ikal, Arai dan Jimron. Dalam film ini dikisahkan bagaimana mereka menghabiskan masa SMA menuju dewasa. Masa dimana jati diri sedang dibentuk dan ke arah mana kita akan melangkah. Banyak sekali petikan-petikan orang-orang besar ataupun kutipan dari penulis buku yang sangat menginspirasi kita selama ini muncul disini. Beberapa diantaranya :

"Bermimpilah, karena Tuhan Akan Memeluk Mimpi-Mimpi itu…"

"Bebaskan, bebaskan hidup kalian! Ambil resiko yang paling tinggi, supaya hidup kalian menjadi lebih kaya"

"kalo tidak punya mimpi dan harapan, orang-orang macam kita ni akan mati..."


Film ini menginspirasi saya untuk terus maju. Mengingatkan saya bahwa bermimpi itu harus dibarengi dengan usaha mencapai mimpi-mimpi tersebut. Dengan mimpi, kita akan terus terpacu dalam hidup untuk selalu berbuat maksimal. Semoga aja bisa punya semangat yang terus membara seperti Arai, sehingga ibadah kepada Allah SWT pun tidak akan kenal kata futur, amin.




Sumber dari sini, sini dan sini. Gambar diambil dari sini

Menantang Tuhan

Artikel-artikel dari eramuslim selalu menggugah hati saya untuk terus bermuhasabah untuk kemaslahatan diri. Termasuk juga yang satu ini nih, ketika mampir kesini, saya tertegun dengan kisahnya. Harus banyak-banyak istigfar dan berusaha untuk istiqomah terus :)

Sebuah kisah di musim panas yang menyengat. Seorang kolumnis majalah Al-Manar mengisahkannya. Musim panas merupakan ujian yang cukup berat. Terutama bagi muslimah, untuk tetap mempertahankan pakaian kesopanannnya. Gerah dan panas tak lantas menjadikannya menggadaikan akhlak. Berbeda dengan musim dingin, dengan menutup telinga dan leher kehangatan badan bisa dijaga. Jilbab bisa sebagai multi fungsi.

Dalam sebuah perjalanan yang cukup panjang, Cairo - Alexandria; di sebuah mikrobus. Ada seorang perempuan muda berpakaian kurang layak untuk dideskripsikan sebagai penutup aurat. Karena menantang kesopanan. Ia duduk diujung kursi dekat pintu keluar. Tentu saja dengan cara pakaian seperti itu mengundang 'perhatian' kalau bisa dibahasakan sebagai keprihatinan sosial.

Seorang bapak setengah baya yang kebetulan duduk disampingnya mengingatkan. Bahwa pakaian seperti itu bisa mengakibatkan sesuatu yang tak baik bagi dirinya. Disamping pakaian seperti itu juga melanggar aturan agama dan norma kesopanan.

Tahukah Anda apa respon perempuan muda tersebut? Dengan ketersinggungan yang sangat ia mengekspresikan kemarahannya, karena merasa privasinya terusik. Hak berpakaian menurutnya adalah hak prerogatif seseorang. "Jika memang bapak mau, ini ponsel saya. Tolong pesankan saya tempat di neraka Tuhan Anda!!"

Sebuah respon yang sangat frontal. Dan sang bapak pun hanya beristighfar. Ia terus menggumamkan kalimat-kalimat Allah.

Detik-detik berikutnya suasanapun hening. Beberapa orang terlihat kelelahan dan terlelap dalam mimpinya. Tak terkecuali perempuan muda itu.

Hingga sampailah perjalanan dipenghujung tujuan. Di terminal akhir mikrobus Alexandria.Kini semua penumpang bersiap-siap untuk turun. Tapi mereka terhalangi oleh perempuan muda tersebut yang masih terlihat tertidur. Ia berada didekat pintu keluar. "Bangunkan saja!" begitu kira-kira permintaan para penumpang.

Tahukah apa yang terjadi. Perempuan muda tersebut benar-benar tak bangun lagi. Ia menemui ajalnya. Dan seisi mikrobus tersebut terus beristighfar, menggumamkan kalimat Allah sebagaimana yang dilakukan bapak tua yang duduk disampingnya.

Sebuah akhir yang menakutkan. Mati dalam keadaan menantang Tuhan.

Seandainya tiap orang mengetahui akhir hidupnya… Seandainya tiap orang menyadari hidupnya bisa berakhir setiap saat... Seandainya tiap orang takut bertemu kematian. Kenapa tidak mempersiapkan dan berhati-hati dengan kedatangannya?

Imam Ibnu Katsir berkata Barang siapa yang terbiasa dengan sesuatu ketika hidup, biasanya dia meninggal dengan sesuatu itu. Artinya Barang siapa ketika hidup terbiasa dengan kebaikan (ketaatan), biasanya dia akan meninggal dengan kebaikan (khusnul khatimah) dan barangsiapa yang ketika hidup terbiasa dengan keburukan (maksiat), biasanya dia akan meninggal dengan keburukan (su'ul khotimah). Na'uzubillahi min zalik.

28.12.09

Ikhlas Dipoligami?

Salah satu kabar yang cukup ramai digunjingkan masyarakat, mengenai terbentuknya Klub Poligami Indonesia yang baru saja disahkan di Bandung. Kenapa di Bandung ya??? Apa karena di Paris Van Java banyak lelaki yang berpoligami? Ada yang tau?

Anyway, saya posting ini karena berpikir sendiri, emang ada maslahatnya ya terbentuknya klub tersebut? Kira-kira maslahatnya untuk mereka aja or ada kebagian juga maslahatnya buat kita? Satu hal yang terbersit dalam otak saya gunanya klub ini adalah ketika kita pengen tau calon suami kita atau (bahkan..) suami kita termasuk pelaku poligami or gag...?! Sapa tau aja iseng jadi anggota klub ini, or bahkan jadi pengurusnya, hehe...

Terus terang saya termasuk orang yang anti poligami. Saya sangat takut dipoligami. So please ya Allah, jangan sampai saya dimadu or saya menjadi madu, amin (curhat sekaligus berdoa boleh kan?!). Walo saya mengetahui wanita yang dimadu dijamin masuk surga. Tetapi wanita yang mana dulu? Dan suami yang seperti apa dulu sehingga istrinya merupakan ahli surga? So pasti ada ketentuannya dong...!

Saya juga mengetahui bahwa konon katanya LELAKI tidak bisa hidup dengan satu wanita. Lelaki secara genetis dilahirkan sebagai makhluk poligami, untuk memperkuat wacana itu juga ada ayat AlQuran yang sudah sangat terkenal itu kan. Oke, memang Islam tidak melarang lelaki berpoligami, tetapi terkadang beberapa makhluk yang bernama laki-laki menggunakan ayat AlQuran itu untuk memperkuat pernyataan mereka, sementara mereka tidak menuntaskan ayat tersebut sampai habis. Lihatlah kalimat terakhir dari ayat tersebut. Dari kalimat terakhir inilah betapa Maha Adil Allah SWT. Karena menurut saya, hanya sedikit bahkan hampir tidak ada manusia yang berbuat adil. Konteksnya manusia ya, kalo nabi lain lagi :)

Ada hal lucu yang terjadi sama saya, semenjak remaja tepatnya bangku SMA, teman yang saya miliki kebanyakan lelaki, dan teman-teman lelaki yang akrab dengan saya cenderung suka gonta-ganti pacar atau bahkan punya pacar lebih dari 2 dalam satu waktu. Alhamdulillah walo begitu mereka sangat menghargai saya sebagai "sobat" mereka, bahkan sangat melindungi keberadaan saya jika ada cowo yang PDKT, yah... udah dianggap sodara mereka sendiri lah...

Ketakutan itu muncul kemungkinan berawal dari situ kali ya... *mikir-mikir* karena saya tahu kemampuan laki-laki dalam menaklukan wanita tuh seperti apa... Jadi saya tau tanpa perlu mengalami, walo patah hati juga pernah beberapa kali saya rasakan.

Dipikir-pikir lagi sebenernya poligami adalah sebuah pilihan hidup, saya ga bisa melarang si A, or si B, or si Z untuk ga boleh poligami. Karena mereka memilih setuju berpoligami atau dipoligami. Makna yang saya ambil untuk bisa sukses berpoligami adalah IKHLAS. Saya pikir kunci utamanya itu, terutama untuk wanitanya ya... Ikhlas dipoligami semata-mata untuk beribadah karena Allah. Menulis ini memang gampang, ga semudah pelaksanaannya. Karena kita cuma manusia yang juga punya perasaan dan rasa ego.

Saya pernah diceritakan oleh seorang teman, ada seorang wanita A yang hanya mau dinikahi oleh seorang lelaki padahal lelaki itu udah punya isteri. Bukan karena wanita tersebut berselingkuh atau berkhalwat dengan lelaki tersebut... Bukan! Tetapi karena wanita ini terlanjur simpati dengan akhlak lelakinya. Disini saya mencoba melihat dari sisi wanita A, bagaimana wanita A memilih untuk diposisikan sebagai istri kedua padahal banyak pemuda-pemuda single di lingkungannya. So... Ini (sekali lagi) adalah sebuah pilihan hidup! Sementara saya memilih untuk TIDAK mengambil poligami sebagai pilihan hidup saya. Saya MEMILIH MONOGAMI sebagai pilihan hidup saya :)

Sebenarnya saya berat menulis postingan ini, terlebih topiknya yang... Hmm... Apa namanya ya... Sangat mudah memancing argumen :p tapi akhirnya diposting juga deh... Karena saya ingin membebaskan diri saya untuk membahas apapun selama masih salam koridor yang jelas :)

Puasa Arofah 10 Muharram

Hayooo.... pada puasa Arofah ga kemaren? Alhamdulillah kemaren saya diingatkan oleh Aay untuk shaum. Keutamaan Puasa Arofah adalah menghapus dosa kita tahun lalu dan tahun yang akan datang. Alhamdulillah terlaksana dan mudah-mudahan bisa diterima Allah SWT amal puasanya, amin.

Memang tahun lalu saya juga posting mengenai Puasa Arofah, tapi sayah punya tambahan ilmu baru! Alhamdulillah... disini saya mendapatkan penjelasan yang lain. Dari Ibnu Abbas - untuk siapa saja yang puasa di tanggal 10 Muharram :

1. 10.000 pahalanya malaikat.
2. 10.000 pahalanya orang yang pergi haji.
3. 10.000 pahalanya orang yang mati syahid.
4. jika memberi makanan dan minuman pada orang yg puasa di 10 Muharrom, maka ia bagaikan memberi makan kpd seluruh umat Nabi SAW.
5. jika di 10 Muharrom para orangtua mengistimewakan hari itu kpd anak-anak mreka maka ALLAH akan melancarkan Rezeki.
6. jika kita mengusap kpl anak yatim dan meberinya nafkah maka akan di muliakan di mata ALLAH SWT.

Subhanallah... sampe merinding bin terharu saya membaca poin-poin di atas... fiuhhh!!!

25.12.09

10 MATA PEDANG SEDEKAH

Ketemu artikel menarik..... dapet dari sini, dan must-read article untuk sayah, semoga bisa bermanfaat juga untuk yang lain :)

Hadist, dan atsar shahabah disebutkan beberapa keutamaan sedekah dan orang yang melakukannya. Baca dan renungilah dalil-dalil dibawah ini, semoga Allah memberi hidayah sehingga sikap bakhil dan kikir tidak bersemayam didalam hati kita dan segera diganti dengan sikap suka memberi.

1. Amalan yang Utama

Rasulullah SAW telah bersabda:
“Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan diatas adalah yg memberi dan tangan di bawah adalah yang menerima”(HR. Muslim)

Umar Bin Khathtab pernah berkata:
“Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri satu sama lain, maka sedekahpun berkata (kepada amalan- amalan lainnya),’Akulah yang paling utama diantara kalian"


2. Melindungi Dari Bencana

Rasulullah SAW pernah bersabda seperti dibawah ini:
“Obatilah orang sakit diantara kalian dg sedekah”

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan:
“Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yg menakjubkan utk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut…”


3. Berlipat Ganda Pahalanya

Allah SWT telah berfirman:
“Perumpamaan (infak yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menginfakan hartanya di jalan Allah adalah serupa dg sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiapbulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yg Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui(QS.Al-Baqarah:261)

Rasulullah SAW juga bersabda:
“Barangsiapa bersedekah senilai satu biji kurma yg berasal dari mata pencaharian yg baik—dan Allah tidak akan menerima kecuali yg baik—maka sesungguhnya Allah akan menerimanya dg tangan kanan-Nya, kemudian dipelihara untuk pemiliknya, sebagaimana seseorang diantara kalian memelihara anak kuda, sehingga sedekah itu menjadi (besar) seperti gunung”


4. Dapat Menghapus Dosa dan Kesalahan

Rasul SAW bersabda:
“Bersedekahlah kalian, meski hanya dg sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api”

Beliau juga menasehatkan kepada para pedagang:
“Wahai sekalian pedagang,sesungguhnya setan dan dosa menghadiri jual beli kalian, maka sertailah jual beli kalian dengan sedekah.”


5. Menjadikan Harta Berkah dan Terus Berkembang

Allah SWT berfirman:
“Katakanlah,’Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rejeki bagi siapa yg dikehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yg dikehendaki-Nya).
Dan apa yg kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rejeki sebaik-baiknya.(QS.Saba’:39)

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah akan mengembangkan sedekah kurma atau sepotong makanan dari seorang diantara kalian, sebagaimana seseorang diantara kalian memelihara anak kuda atau anak untanya, sehingga sedekah tersebut menjadi besar seperti bukit Uhud”


6. Melapangkan Jalan ke Surga dan Menyumbat Jalan ke Neraka

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yg luasnya seluas langit dan bumi yg di sediakan utk orang-orang yg bertakwa. (Yaitu) orang-orang yg menginfakkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yg menahan amarahnya dam memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang yg berbuat kebajikan.”(QS. Ali Imron:133-134)

Rasulullah SAW bersabda:
“Buatlah penghalang antara dirimu dan api neraka walau hanya dg separuh butir kurma.”


7. Menjadi Bukti Keimanan

Di dalam sebuah Hadits Rasulullah bersabda:
“Sedekah adalah menjadi burhan(bukti).” (HR.Muslim)
Maksudnya, sedekah adalah bukti keimanan pelakunya.Sesungguhnya orang munafik menolak keberadaan sedekah karena tidak meyakininya. Barangsiapa yg mau bersedekah, maka hal itu menunjukkan kebenaraan imannya.

Rasul SAW juga bersabda:
“Sifat iman dan kikir tidak akan berkumpul dalam hati seseorang selama-lamanya.”



8. Membawa Keberuntungan dan Merupakan Pintu Gerbang Semua Kebaikan

Allah SWT berfirman :
“Dan barang siapa yg dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yg beruntung.”
(QS. Al Hasyr:9)

Dalam ayat lain, Allah juga menegaskan:
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yg kamu cintai, dan apa saja yg kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”( QS.Ali Imran:92)



9. Akan Mendapat Naungan di Padang Mahsyar

Sedekah akan menolong pelakunya dari kesengsaraan dalam perjalanan menuju alam akhirat, Rasulullah SAW bersabda:
“Setiap orang akan berada dibawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara diantara manusia”

Didalam hadits lain Beliau juga bersabda:
“Naungan seorang mukmin di hari kiamat adalah sedekahnya”(Shahih Ibnu Khuzaimah 4/95)



10. Pahalanya Akan Mengalir Terus Walaupun Telah Mati

Rasul SAW bersabda:
“Pahala amalan dan kebaikan yg bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya—Beliau menyebutkan diantaranya--,(yakni)musyaf yg ia tinggalkan,masjid yg ia bangun,rumah untuk orang yg dalam perjalanan yg ia bangun, sungai yg ia alirkan, atau sedekah yg ia keluarkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.”

24.12.09

2012


Baru beberapa hari film ini launching di Indonesia langsung menuai kontra di sana-sini, ada yang melarang nonton lah, ada yang mencap haram lah untuk nonton, tapi kalo saya selalu melihat dari berbagai sisi. Dan buat saya sih sah-sah aja menonton apa pun selama nilai-nilai buruk yang muncul di film ini gag lantas langsung diimplementasikan ke kehidupan kita. Nah... itu baru salah! Ini menurut saya loh... Terlepas dari semua pro dan kontra terhadap film ini, saya hanya akan membahas makna yang bisa saya ambil dari film ini.

Awal nonton sudah keliatan betapa nilai sebuah keluarga sangat jelas muncul terlihat. Baik itu dari scene happy family, separated family, single parent, kebersamaan yang terjalin dalam persahabatan ataupun keluarga yang terpisah karena tuntutan pekerjaan. Buat saya, film ini baik ditonton untuk keluarga, terlepas dari effect mengerikan ketika bencana terjadi ya..., karena disini dimunculkan betapa berharganya nilai sebuah keluarga.

Untuk beberapa orang, terkadang nilai ini sudah terlupakan. Bagaimana resahnya seorang Ibu yang menantikan kepulangan anaknya dari sekolah ataupun bermain. Walaupun hanya telat lima menit, tapi jiwa seorang Ibu akan langsung gundah gulana memikirkan keberadaan anak tersayangnya. Atau betapa bangganya seorang Ayah melihat putranya bermain bola bersamanya. Memang kata-kata tidak akan keluar dari mulutnya, tapi hanya hati yang bisa merasakannya. Duhh... kenapa nulis ngaco kemana-mana ya...

Saya cuman pengen posting kalo 2012 ga seburuk or "mengancam" seperti yang diberitakan kok... Dari film ini saya kembali teringat pentingnya silaturahim... Silaturahim terhadap siapapun, bahkan kepada seseorang yang membenci kita sekalipun. Jadi teringat cerita Rasulullah yang menyuapi seorang pengemis buta setiap paginya, sementara Rasulullah tau kalo pengemis buta ini sangat membencinya. Setiap pagi Rasulullah menyuapinya tanpa berkata apapun, kemudian melanjutkan perjalanannya, begitu terus setiap hari. Hingga Rasulullah wafat, pengemis itupun kemudian bertanya-tanya kepada orang sekitarnya, kemana orang baik yang selalu menyuapinya setiap pagi? Semenjak itulah pengemis buta itu tau, bahwa selama ini yang menyuapinya adalah Rasulullah, Muhammad Shollallahu alaihi wassalam. Seketika pengemis itu menangis sejadi-jadinya. Dan tak lama mengucapkan kalimat syahadat. Subhanallah!

Itulah kekuatan silaturahim... Mudah-mudahan saya pun bisa senantiasa mengikuti sunnah tersebut, karena ada sabda Rasulullah, "Barangsiapa yang ingin dimudahkan rezeki dan dipanjangkan usianya hendaklah ia senantiasa menjaga silaturahim." (HR Muslim, dari Anas bin Malik RA). Bayangkan... hanya dengan bersilaturahim kita mendapatkan dua rahmat sekaligus, subhanallah!

Untukmu



Assalamualaikum waroh matullohi wabarokatuh,

Teruntuk kekasih hatiku, suamiku...
Aku tau saat ini kita belum dipertemukan,
Aku pun tak tau sampai dengan saat ini seperti apakah dirimu...
Seperti apa rupamu... but its ok :)

Surat ini sudah kubuat jauh sebelum kita dipersatukan,
Surat ini adalah bentuk keinginanku sebagai seorang hamba yang ingin segera menyempurnakan setengah agama-Mu ya Allah
Semoga surat ini juga bentuk doa yang bisa Kau terima dari hamba-Mu yang masih jauh dari kesempurnaan penghambaan terhadap-Mu

Suamiku...
Yang kuingin, cuma sebentuk kasih sayang yang kau berikan secara konstan sedari awal halal setelah ijab qobul sampai maut terpisah dari raga. Walau sifatnya konstan, aku dan anak-anak kita kelak, berkeyakinan tidak akan bosan menerima kasih sayangmu.

Yang kuingin, sepercik kehangatan di pagi hari sebelum kau pergi mencari peruntungan. Dan aku akan menunggumu di rumah beserta anak-anak kita.

Oh ya... Kau pasti menginginkan banyak anak kan, seperti yang disunnahkan Rasulullah shollallahu 'alaihi wasalam... Aku ikhlas badanku tak seperti sedia kala untuk melahirkan keturunan kita, 3 anak, 5 anak, 10 anak ataupun 15 anak aku sanggup, atas nama Allah, asalkan itu untuk kejayaan Islam.

Suamiku,
Aku ingin kerinduan kita memadu kasih pada Allah semakin besar dari hari ke hari semenjak kita berjodoh. Karena itu adalah cita-citaku. Membangun rumah tangga sakinah, mawaddah warohmah yang bukan hanya di mulut saja. Tapi terpatri di hati dan perbuatan kita.

Kapan kita bertemu, itu hanya masalah waktu. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana kita mempersiapkan segala sesuatunya sehingga ketika kita bertemu semua sudah siap. Siap berikrar atas nama Allah, sehidup semati berdakwah dan berjuang mempertahankan nama-Nya selalu ada di bumi tempat kita berpijak. Amin.

See you soon my hubby :)

Gambar diambil dari sini

19.12.09

Muslimah harus Sholehah?

Semalem saya mikir tentang pandangan yang diutarakan dalam suatu artikel, saya lupa judulnya. Hal menarik yang bisa diambil adalah, seorang muslimah haruslah sholehah, karena kelak dia akan menjadi seorang ibu untuk anaknya dan partner hidup untuk suaminya.

Seorang Ibu disini mencakup pengajar, teman bermain, pembimbing, sekaligus pengasuh pengingat untuk anak-anaknya. Selain itu juga seorang teman hidup, kekasih, penasihat dan juga reminder untuk suaminya.

Kalo dipikir-pikir, berat juga yah... Kalo memang kriteria di atas harus dipenuhi semua, maka memang pantas jika seorang wanita muslimah haruslah sholehah demi menjaga keutuhan rumah tangga yang telah terbentuk.

Pernah saya juga membaca, keutamaan-keutamaan wanita sholehah, ataupun hadits-hadits yang menerangkan tingginya derajat wanita sholehah di mata Allah, subhanallah! Ngiler dibuatnya! Tapi pelaksanaannya tak mudah :p sungguh hamba-Mu ini hanyalah pasir di antara mutiara-mutiara yang terhampar di sekitarku. Ingin rasanya kelak menjadi salah satu mutiara-Mu ya Allah. Tapi itu butuh waktu, butuh proses, butuh tempaan terlebih dahulu. Tempaan nikmat yang orang lain sebut sebagai cobaan, yang lain sebut sebagai ujian.

Pernah saya membaca bahwa cobaan ataupun ujian adalah salah satu nikmat Allah yang juga harus kita rasakan sebagai manusia. Bedanya nikmat yang ini rasanya pahit dan getir bagi manusia. Tapi untuk saya, cobaan or ujian adalah tantangan dalam hidup, teka-teki yang harus ketemu jawabannya, masalah yang harus ada solusinya. Sementara untuk terus memiliki semangat menghadapi "tantangan" yang satu ini harus disertai keyakinan yang namanya iman.

Apakah bekal iman kita cukup untuk menghadapinya? Itulah kenapa manusia diciptakan bersaudara serta berpasang-pasangan, sehingga kita bisa saling mengingatkan serta saling menasihati.

Back to the topic! Dalam rumah tangga, pasangan hidup or saya lebih suka menuliskannya partner hidup, akan sangat menyenangkan dan menentramkan kalo bisa saling mengingatkan dan saling menasihati dalam kebaikan sesuai dengan syariat Islam. Akan sangat membahagiakan bila saling memberi motivasi untuk terus meningkatkan ibadah kita. Akan sangat menyejukkan bila saling memberi dukungan untuk terus berasa dalam koridor Islam.

Tapi ini baru harapan saya... Mudah-mudahan bisa secepatnya terwujud, amin.

17.12.09

Cintakah Aku?



Pernah saya baca artikel disini dan membuat saya introspeksi diri kembali. Apakah benar saya sudah mencintai Allah, Pencipta Alam Semesta ini sepenuh hati…? Itu yang perlu saya or yang lainnya renungkan kembali. Menurut artikel ini, ketika kita ditanya, “Cintakah kau pada Allah?” ada kebimbangan untuk menjawab, jika saya jawab, “Tidak, saya tidak Cinta pada-Nya” maka kita akan termasuk dalam golongan kafir, tetapi jika saya jawab “Ya, saya cinta Allah” maka akan muncul pertanyaan dalam benak saya, apakah kita pantas mencintai-Nya sementara masih banyak larangan-Nya yang sering dilanggar?

Jadi harus gimana dong?

Menurut saya, tetap tumbuhkan rasa cinta kita kepada Allah SWT. layaknya seorang kekasih yang sedang dimabuk asmara. Pada pelaksanaannya emang sulit karena seolah-olah tidak ada feedback yang real dari-Nya. Tapi perlu kita lihat dan pikirkan kembali, semua nikmat-nikmat kecil yang sudah diberikan Allah kepada kita, oksigen yang kita hirup setiap hari, terbangun karena adzan subuh menandakan masih diberikan kesempatan lagi untuk menjalani lika-liku kehidupan, makan malam bersama keluarga sementara yang lain belum tentu bisa makan tiga kali sehari, berangkat kerja untuk ibadah sementara yang lain kesusahan mendapatkan pekerjaan ataupun kesehatan yang kita miliki. Apakah itu sudah dipikirkan? Memang nikmat kecil sering terlewat oleh kita, karena kita merasa berhak mendapatkan hal tersebut di atas. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua orang merasakan nikmat kecil yang disebutkan di atas, dan itu menurut saya harus disyukuri.

Sebagai perwujudan bentuk syukur seperti yang biasa saya coba terapkan setiap harinya:

1. Berdoa di sujud terakhir sholat kita.
Saya pernah mendengar ada hadits yang menerangkan kalau berdoa di sujud terakhir akan semakin mendekatkan kita pada Allah SWT. Setelah saya googling, disini disebutkan bahwa Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dalam Shahihnya; Harun bin Ma’ruf dan Amr bin Sawad menuturkan kepada kami. Mereka berdua berkata; Abdullah bin Wahb menuturkan kepada kami dari Amr bin al-Harits dari ‘Umarah bin Ghaziyah dari Sumayy bekas budak Abu Bakr, bahwa dia mengatakan pernah mendengar Abu Shalih Dzakwan menuturkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan hamba yang terdekat dengan Rabbnya adalah ketika sedang bersujud, maka perbanyaklah doa -di dalamnya-.”

2. Sedekah di awal hari.
Saya pernah mendengar hadits yang menjelaskan keutamaan sedekah di awal hari, tapi belum menemukan hadits lengkapnya. Disini saya menemukan haditsnya : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekah dapat menolak tujuh puluh pintu bencana “. Karena itu Nabi SAW menganjurkan agar bersedekah setiap hari, pada awal pagi dengan apa saja. Karena bala tidak akan menembus benteng sedekah seorang Mukmin.

3. Terus mengingat Allah dengan dzikir.
Saya terbiasa melakukan dzikir yang dibaca oleh Nabi Yunus a.s ketika berada di dalam perut ikan paus selama 40 hari 40 malam : Lailaha illa anta subhanaka inni kuntu min al-zhalimin. Dzikir ini terus terang turun temurun dalam keluarga. Menurut orang tua saya, jika kamu merasa dalam kesusahan, kebimbangan, ketakutan ataupun kekalutan, maka segeralah baca disertai dengan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Tapi karena udah terbiasa, saya baca ini sebagai dzikir harian.

4. Lakukan semua untuk Allah SWT.
Dalam setiap hal yang saya lakukan, saya niatkan beribadah kepada Allah walo saya hanya seorang masih jauh dari kata kaffah, tapi bukan berarti juga saya seorang yang sekuler. Saya hanya seorang yang ingin selalu mendapatkan pemahaman hidup sesuai syariat Islam setiap harinya.

Duuuh… bahasanya jadi formal banget yak… maklum kalo udah ngebahas masalah agama, secara otomatis bahasanya jadi begitu, gapapa kan? Mudah-mudahan posting ini bisa diterima ya…

14.12.09

TINGGALKAN YANG TAK GUNA

Dari Abu Hurairah radhiallahunhu dia berkata : Rasulullah ε bersabda : Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya. (Hadits Hasan riwayat Turmuzi dan lainnya - Hadits 12 Hadits Arba’in An Nawawi)

2.12.09

SEDEKAH

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraannya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah. (Riwayat Bukhori dan Muslim - Hadits 26 Hadits Arba’in An Nawawi)

24.11.09

GOOD ARTICLE!!!

Artikel ini ga sengaja saya baca pas buka fesbuk, dari GRup Akhina Ifa Uhibbuka Fillah, cukup tersindir juga setelah membacanya, karena sedikit banyak memang qta sebagai muslimah ga nyadar kalo qta sedang "memperlihatkan" diri kita padahal sebenarnya ga pengen. Syukron katsiron buat seseorang yang udah mau menyempatkan waktunya membuat tulisan ini :)


Assalamu'alaikum wr.wb.

Sumber diambil: ROHIS, bukanlah SARANG TERORIS, melainkan BENTENG AKHLAQ Pelajar Muslim !!
dan http://mujahidcool.multiply.com

Hasil cop-pas dari sumber lain, kedua tulisan berikut merupakan nasihat yang cukup menghujam bagi para aktivis dakwah yang suka larut dalam pacaran tanpa sebutan. Na'udzubillah min dzalik! Moga kita terhindar darinya!

--baca yg benar ya..jgn separo- separo-

SALAM DARI Ikhwan (maaf)Genit!!!

Hai cewek, ups! Oh Assalamu’alaikum ukh, salam ukhuwah! Haha saya hanya niru apa yang biasa ikhwan yang ucapkan kepada ukhti, hmm untuk nyebutnya kadang saya ga bener maklumlah bahasa Arab saya kan ga pernah belajar, baca Iqro aja plentat-plentot, tapi yang penting keliatan kalo saya ikhwan deh.

Kenapa kalian bisa begitu mempesona dibalik pakaian besar kalian? Saya ga pernah bisa ngerti itu, padahal enakan kalo saya liat cewek baju ketat with short pant uhuuuyyy … apalagi bodi dan mukanya lumayan, yah paling enggak bisa dibanggain kalo diajak jalan. Tapi melihat kalian dengan pakaian besar kalian membuat saya tertarik

Sangat tertarik, apakah dibalik itu semua tubuhmu kudisan? Haha… saya rasa enggak, muka kalian begitu bersih dan kalian sepertinya ga mudah untuk ditaklukkan, dan bener juga kalian begitu susah ditaklukkan. Kenapa bisa sih?Gak mungkin gara-gara jubah guede yang kalian pake kan?

Kau tau, untuk mendapatkan wanita kebanyakan diluar sana begitu mudahnya, saya ajak makan bareng udah bisa cium pipi, saya ajak nonton minimal dapet kissing kalo udah beli coklat dan bunga berarti saya boleh petting dan haha.. ga perlu diceritakan kelanjutannya, yang pasti kalo udah bosen tinggal selingkuh aja, ketahuan juga bodo, tinggal cari lagi.

Hei manis, tahukah sealim apapun kalian , saya udah tau kelemahan wanita, karena kalo saya ga tau kelemahan kalian begitu susah mendekati kalian. Hmm… kenapa saya ajak kenalan langsung lu nolak? Minta nomor telepon apalagi? Hadoh susah juga nih, walaupun saya dapet nomor telepon lu, lu juga ga mau bales ataupun angkat telepon saya.

Tapi saya tau, seperti yang kalian bilang dimana ada niat pasti Allah kasih jalan, dan saya udah niat harus bisa menaklukkan kalian . Dan aha! Ternyata begini cara menaklukkan kalian, ternyata kalian disebut akhwat dan yang cowoknya disebut ikhwan, walaupun lidah saya ga biasa ngucapinnya.
Mulailah saya menelusuri apa itu ikhwan?. Hmm… orang yang kerjaannya ngaji, pake celana ngatung, yah kalo punya jenggot tipis juga gapapa, hoho.. itu mudah saya lakukan, lalu apalagi?hmm… cara ngomongnya lain, kalo ngobrol ama lawan jenis nunduk (apa cari duit jatoh?), entahlah yang penting saya ikut dulu

Dalam waktu dua minggu berubahlah saya seperti ikhwan, plus facebook dan blog saya terlihat islami, dan mulailah saya mencoba mendekati kalian. Ingatkah pertama kali kita kenalan? Saya ucapkan hadist sebagai ukhuwah kita, dengan manis saya bilang “Salam ukhuwah yaa ukhti” , dan kau balas gitu juga.(Akhina Ifa: Ehmm)

Mulailah jerat itu saya pasang, kau berani kasih nomor telepon ke saya, dengan itu saya bisa sms kau dini hari untuk sholat tahajud, (Akhina Ifa: Masya Allah. Parah!) padahal saya ga sholat dan kebetulan ada petandingan sepakbola haha… sambil nyelam nyari ikan, kan saya kucing air! Hmm… memang susah juga menaklukkan kau, saya harus berkorban banyak nih.

Mulailah saya menelpon buat berdiskusi dan tukar pikiran , tentu aja saya juga stanby di internet biar saya bisa cari jawabannya di internet. Oh saya baru tahu ada namanya kegiatan keagamaan dikampus, ya udah saya juga ikut deh dan duduk deket tirai pembatas, siapa tau kebetulan kau bisa liat saya ada .

Pulang ngaji saya coba ajak pulang bareng naik motor , dengan alesan udah malem gag baek kalo pulang sendiri, haha… kau mau, Yes ! Haha.. ternyata ga terlalu sulit untuk dekat dengan kau, hanya cukup memasang topeng yang kau suka dan kau akan luluh, tinggal saya serang kelemahan setiap wanita yaitu kupingnya.

Walaupun banyak kata-kata yang ga ngerti, tapi saya yakin ini bentuk rayuan maut buat kau, hehe… emang aneh sih sms padahal gag ada kata-kata yang ngerayu misal INU IMU ILU atau sebagainya tapi Cuma kutipan hadist ama Qur’an plus kata-kata bijak dan penyemangat, tapi kenapa bisa bikin kalian luluh? Dasar wanita!

Tahukah kau, saat kau memakai kaus kaki yang terlalu pendek atau bahkan ga sama sekali, terlihatlah betis mu yang indah itu disaat mengendarai motor dan berhenti, padahal saya sering lihat betis bahkan paha wanita tapi kenapa lihat yang ini berbeda? Mungkin gara-gara kau umpetin terus.

Saat kau memakai tas ransel , tanpa kau sadari talinya membuat bentuk tubuhmu terlihat, serrrr….slerp hajar bleh! Apalagi kalau ga pake gamis sadar atau enggak bagian pinggang dan pinggul itu ketat karena roknya…hmmm, Yummy! Kata Chio “kapan lagi liat barang mahal di obral” mantap deh hahaha…ga ngeh kan?

Ga itu aja kok, kalo saya liat lu pake baju yang gelap terus pasti saya tegor “Ukh, kok gelap terus? Kan ga cerah, memang lagi berkabung ya?” dan mulailah dengan instingmu yang pandai berdandan kau akan menggunakan warna cerah agar dilihat oleh saya, haha… lumayan pemandangan bagus buat orang lain bisa saya nikmatin.

Apalagi kalau kalian udah berani pajang muka di internet hahahai… biasanya lebih mudah dibujuk tuh hehehe, tapi gag seru dengan yang itu, saya mau incer yang bener-bener tertutup , pasti lebih tertantang, kapan lagi sih saya bisa menaklukan cewek eh akhwat kek gitu? Suatu prestasi tersendiri dan naikin derajat sayalah .

Sial, kenapa ga ada pacaran islami , pacarannya di masjid gitu kalo gag pacaran lagi demo di jalanan, tapi saya ga nyerah kok, kenapa saya ga coba ta’aruf aja dulu, yah khitbah juga jadi deh, dengan alasan ntar aja saya nikahin kalo udah lulus kuliah dan udah dapet kerja mapan plus kendaraan dan rumah sendiri.

Biarin lama, yang penting saya kek janji dulu , dengan gitu saya bisa tuker biodata, bisa smsan, teleponan, bahkan chatting pake webcam malem-malem haha… ternyata kau tetap wanita yang mempunyai hati yang lemah, sehingga mudah luluh dengan apapun, ahh… untung –untung saya bisa melakukan lebih dengan ini, dan saya yakin bisa!

Saya tau setebal apapun iman kau, hati kau tetap lemah, dan mudah luluh dan saya akan terus mengintai dari situ, mencari celah untuk masuk dan menaikkan pasaran saya sebagai orang yang pernah pacarin wanita yang terkenal alim, hahaha… siapin dirimu!

-- taken from www.mujahidcool. multiply. com --

..so, qita harus Menjaga diri kita ya ukhti,,,,,,, jangan Mau terGODA dengan cowok seperti itu,, apalagi percaya dengan ta'aruf yang MAIN2 saja!! bentengi diri kita.,,!!

***
Bismillahirrahmanirrahiiim...
Jikalau mengetahui bahwa lawan jenis merupakan godaan terberat, maka jangan pernah mencoba untuk membuat syaitan menjadikan indah perbuatanmu terhadap sikap mu dan dirinya. Janganlah membuat Kekasih Sejati yang Mencintaimu Cemburu, Karena Dia dapat Cemburu, ketika seorang diri bermaksiat kepada di hadapanNya. Bertaubatlah, karena kekasihmu itu Mencintai orang-orang yang bertaubat dan Mensucikan diri..

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman. Al-Araaf:27

18.11.09

I REALLY LUUUV RAIN!

Ya Allah, Engkau memang Maha Penyayang bangedh... tadi pagi, dalem hati aku berucap, "wah... minggu ini sepi nih dagangan aye... kaga papa lah... namanya juga dagang," sembari tangan mengklik mouse properti kantor untuk menuju online shop saya. Dan... ga nyampe lima menit... Subhanallah, langsung Kau jawab dengan limpahan rizkiMu ya Allah.

Hapeku berbunyi menandakan ada sms masuk, belum lagi alert yang ngasi tau kalo ada YM masuk di BB. Semuanya menanyakan barang dagangan saya. Wooow..!!! Walaupun baru seputar nanya-nanya juga berpotensi untuk beli kan?! :)

Gag lama bales sms dan me-reply YM customer dan suplier, saya pun langsung cek email, dan ada 1 email masuk yang mau order besar, alhamdulillah... mudah-mudahan rejeki :)

15.11.09

EMAK INGIN NAIK HAJI


Awal nonton hati saya sudah bergejolak dan terus bergetar menyaksikan setiap moment yang disajikan, fiuhhh...!!! Air mata ini tak mampu lagi terbendung... Bodo ahh!!! Nontonnya sama Aay ini, gag usah jaim-jaiman ;p Perasaan campur aduk terus muncul di benak saya,

bahagia,
senang,
sedih,
kecewa sama diri sendiri,
kesal,
bangga,
keinginan untuk terus memunculkan jiwa bermuhasabah,
semua.... semua campur jadi satu!!!

Hikmah yang bisa diambil banyak banget... Sisi dakwah pun selalu muncul di setiap scene yang membuat Aay tetep melek nonton film ini ;p

Kalo dari sisi saya pribadi, hikmah yang bisa didapat juga cukup banyak. Pertama, merasa tersindir karena belum pernah melihat seseorang merasa sangat merindukan perwakilan rumah Allah. Belum pernah seseorang yang begitu gigih untuk mengumpulkan setiap receh yang beliau peroleh untuk pergi menunaikan rukun Islam yang terakhir. Tokoh "Emak" sangat menyentuh sekali, sampai saya terus teringat semua kebaikan mamah ataupun ibu-ibu lain yang saya kenal. Terlebih lagi ketika tabungan ke hajinya Emak ikhlaskan untuk pengobatan Aqsa, anak Zein yang mengidap hernia. Saya yakin, dalam realita, banyak "Emak-Emak" yang lain yang sangat merindukan Ka'bah, "Emak" disini hanya representasi seseorang yang selalu merindukan Ka'bah. Subhanallah...

Film ini merupakan film muhasabah banget buat saya, karena disini mencerminkan realita masyarakat Indonesia seutuhnya. Hikmah kedua yang saya ambil adalah bahwa saya belum benar-benar membahagiakan orang-orang terdekat saya secara maksimal, terlebih lagi mamah... hmm... film ini memberikan motivasi dan saya jadi punya semangat ekstra yang mudah-mudahan bisa konsisten untuk bisa... eventually... make my mom really happy having a daughter like me :)

Semua nikmat yang Allah berikan saat ini, terus terang,bikin aku kewalahan, ya Allah, subhanallah, sepertinya bukan hanya hamdalah yang harus aku haturkan kepadaMu. Semua silaturahim, semua rizki, semua kesempatan yang kau buka dengansangat lebar di hadapanku. Subhanallah... Alhamdulillah... Allahu Akbar... eitss!!! jadi curcol dehh ;p

Film ini buat saya recomended bangeeeet deh... FOUR THUMBS UP!!!

31.10.09

ENTAH KENAPA...?

Entah keletihan bekerja,
Entah kelelahan menjalani two jobs,
Entah sedikit jenuh menunggu satu peristiwa,

Sehingga raga ini jadi drop... Drop banget! Ya Allah, ampuni hambaMu ini karena masih (selalu) belum optimal menunaikan semua perintahMu... selalu kucoba usahakan maksimal, tapi ku hanya manusia, yang akan terus berusaha, insyaAllah ^,^

Alhamdulillah, selalu kusyukuri nikmatMu yang selalu kau hamparkan kepadaku, SUBHANALLAH!!! Tak menyangka kau selalu mencintaiku dengan selalu memberiku rejeki berlimpah dan silaturahim yang seluas-luasnya.

SEMANGAAAADH!!!

Aay juga semangat yaaaa... Qta berjuang bersama, walo langkah yang kita tempuh berbeda, tapi insyaAllah tujuannya sama kok ^,^

27.10.09

NATIONAL BLOGGER DAY

Yippieee...

Katanya hari ini adalah Hari Blogger Nasional, dan katanya juga untuk memperingatinya dengan : "Tetap posting yang rajin" ;p itu juga kata seorang Bunda ^,^

Yah, sayah akan berusaha untuk bisa posting secara rutin, walo ga janji bisa rutin tiap minggu bisa hehehe...

25.10.09

aaarrgghhhh!!!

Besok masuk kerja lagiii... Besok udah hari Senin lagi... Ya Allah, mudahkanlah semua urusanku esok dan seterusnya...

Jadi inget kata-kata Aay, "Di dunia ga ada waktu buat santai, nanti kalo mau santai... di akhirat nanti, setelah dihisab..."

Iya Aay... insyaAllah aku akan coba untuk tetep SEMANGADH!!! Mizz u!

20.10.09

JANGAN MARAH YA...

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada
Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah ) nasihatilah saya. Beliau
bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah. (Riwayat Bukhori - Hadits 16, Hadits Arba’in An Nawawi)

sabar, sabar dan sabar

Tak tau apa yang mesti dilakukan selain sabar... Alhamdulillah karena telah mempunyai pengalaman terdahulu dan tidak terlalu sakit hati dengan apa yang telah terjadi, wajarr... namanya juga anak baru!!! Memang hukum alamnya begitu kali yaaa... Sempet dapet ketika baru seminggu kerja, hari ini... dapet lagi... ;p

Tapi tak apa....

Kulakukan semua dengan ikhlas, demi diriku sendiri, demi mamah, demi keluargaku... demi semua yang menyayangi aku dan aku sayangi ^.^

SEMANGAAAADHHH!!!

6.10.09

MUHASABAH

Setelah baca page fesbuknya nonadita, hmmm... memang udah saatnya saya dan muslimin lainnya untuk introspeksi akan adanya semua peringatan-peringatan Allah.... Yang paling disoroti oleh media saat ini adalah Gempa 7.6 SR yang menimpa Padang, bisa dilihat beberapa disini.

Subhanallah...
Allahu Akbar!
Astagfirulloh!

Setelah kita merayakan kemenangan di Lebaran 2009 ini, tak lupa Allah selalu mengingatkan kita betapa dekatnya hari akhir.

27.9.09

5 dan 3

Mau cerita first time having little surgeory nih ;p jadi sesungguhnya norak mode on, hehehe... Mulanya sekitar 3 bulan yang lalu saya merasakan sakit dan perih yang mengganggu sekali di telapak kaki, setelah dicek banyak yang mengatakan ini adalah mata ikan. konon katanya juga yang namanya "mata ikan", ada yang tumbuhnya gak sakit dan ada juga yang sakit. Nah, maybe untuk kasus saya dia tumbuh dengan rasa sakit sebagai pendukung.

Setelah konsultasi sana-sini, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter bedah umum dan minta agar "mata ikan" yang nyasar di kaki saya untuk segera di-remove!!!

Setelah diperiksa hanya dengan hitungan detik! Dokter meng-iya-kan permintaan saya, dan segera dilakukan pengangkatan... Ga sampe 15 menit, operasi selesai!

Awal operasi sekitar pukul 11 siang, dan dokternya ngasi bius lokal di sekitar spot operasi. Bius lokal menghilang sekitar pukul 2 siang. Yang saya bersyukur dengan sangat sungguh-sungguh kalo Aay mau menemaniku dan mengantar-jemput bersama mamah dan adikku. Kalo misalkan saja, saya ke rumah sakit dengan menggunakan angkot, wow!!! saya sangat super yakin saya pulang dengan gaya ngesot, karena setelah bius lokalnya hilang, rasa sakit ruarr biasa langsung dateng!!!

Nasihat dokter yang kuingat, "diinjek aja ya... jalannya biasa aja, semakin diinjak semakin bagus!!!" Ketika saya ingat kembali nasihat itu, ingin rasanya meringis dan menangis dengan apa yang kurasakan sekarang!!! hiks... :'(

Oya, operasi kecilnya hari Jumat kemaren (25/09/09) dan sekarang Alhamdulillah rasa sakitnya mulai berkurang walo tetap ketika dipake untuk jalan masih terasa perih. Minta doanya biar jaitannya cepet kering ya sahabat-sahabatku ^_^ Amin

dapet award!!!



Makasih buat Kris Biatno yang sudi mampir ke blog saya plus memberikan award... (sering-sering ya! hehe...)

A little bit late...



Walo terlambat, but.... Better late than never, ya gak??? Hari Idul Fitri tahun ini jatuh di tanggal 20 September, dan suasana yang saya rasakan di tahun ini sungguh hangat ^_^ walo banyak kerikil di sana-sini, tapi saya nikmati setiap moment-nya, karena Aay always beside, in front, and behind my back to support me (LEBAY MODE ON) hehehe....

Mudah-mudahan perjalanan kita menuju sesuatu yang diridhoi Allah ya... Amin.

3.9.09

GEMPA TASIK

Kemarin, tepatnya sekitar pukul setengah 4 sore wilayah pulau Jawa kena gempa, dengan pusat gempa di Tasik kekuatan 7.3 SR !!! Astagfirullah! Subhanallah! Allahu Akbar!

Terus terang saya yang ketika gempa berlangsung sendirian di rumah dan kebetulan juga berada di lantai atas, sangat... I mean, sangat merasakan goyangannya... Awalnya kecil, tapi kok....... lama-lama makin gede dan guedee...!!! Yang diingat pertama kali cuma Allah, memohon ampun padaMu ya Allah. Komat kamit istigfar seingatnya karena yang ada di otak cuman pasrah doang.

Bingung mau ngapain.
Berdiri juga takut jatoh.
Apalagi lari turun ke bawah.

Sambil terus istigfar, otakku cuma nyuruh, kalo gempanya makin gawat, jongkok aja di bawah meja. Tapi alhamdulillah ya Allah, rupanya Kau masih mengijinkan kami semua menikmati buka shaum di Ramadhan ini.

Setelah gempa beres, saya kembali mengerjakan apa yang sebelumnya tertunda, nulis orderan, hahahaha!!! Setelah beres nulis orderan, baru tertegun, menyadari apa yang telah terjadi, shock kembali merasuk dan sedikit terisak sejenak untuk melepaskan rasa. Setelah itu, sedikit tergelitik hati untuk berkata, "baru diginiin aja udah nangis, gimana kalo ngerasain akhir jaman???? GA KEBAYANG!!! SERREEEEEM!!!"

Cuma rasa syukur aja yang terus muncul di kalbu, sambil mengucap istigfar dan hamdalah bergantian sambil berusaha untuk tersenyum untuk diri sendiri.

WHAT DO YOU THINK GALS?

Setelah melakukan rutinitas uploading dagangan di online shop kepunyaan sendiri (ya iyalah...), ceritanya mau blogwalking dan sempet menemukan artikel menarik yang membuat saya berpikir ulang mereview apa yang baru saja dibaca, hmm... emang bener gitu? masa sih? apakah terjadi padaku? hehehehe... yang tau cuman saya dan Allah ;p

Berikut saya co-pas dari sini :

Mengapa Wanita Sering Tertarik Pada Pria Yang Salah?


Ijinkan saya membahas satu pertanyaan yang tak pernah terpuaskan di benak banyak pria, mungkin Anda termasuk di dalamnya. Kenapa wanita bisa tertarik pada pria-pria berandalan dan brengsek yang tidak tahu bagaimana cara berhubungan dan memperlakukan wanitanya dengan baik?

Anda pasti sering melihat hal itu terjadi.

Itu bukan saja misteri terbesar sepanjang jaman, tapi juga sistem sosial kita, secara implisit, memasang label TABU pada pertanyaan yang seperti itu. Belum lagi para wanita yang akan menyangkal hal tersebut, baik dengan argumen atau dengan contoh-contoh yang naif.

Fakta bahwa lingkunganmu enggan membicarakannya serta begitu banyak wanita yang setengah mati berusaha membungkam pertanyaan demikian adalah BUKTI OTENTIK bahwa fenomena itu memang benar-benar nyata dan sering terjadi.

Mereka menutup diri karena tahu, bahwa bila pertanyaan itu sempat sebentar saja diketahui orang dan diladeni, itu akan memberikan angin yang lebih sejuk bagi segala tindak pelecehan dan ketidakadilan terhadap kaum hawa.

Karena bila mengerti jawabannya, ditakutkan akan muncul lebih banyak pria yang menggunakan tehnik itu untuk menarik keuntungan dari wanita-wanita yang lugu.

Jawaban dari pertanyaan itu memiliki nilai krusial yang mampu memperparah posisi perempuan dalam masyarakat. Tapi di tangan pria bertanggungjawab dan benar-benar ingin memahami dunia wanita, jawaban itu membuka level awareness dan receptivity dalam berhubungan yang lebih menyenangkan.

Saya yakin ada banyak pria-pria seperti itu yang tersebar di setiap sudut kampus dan kantor, duduk sendirian berharap mendapat kesempatan untuk menjalani hubungan yang manis dengan dengan wanita-wanita yang mereka harapkan.

Itulah tujuan sebabnya saya merasa sangat berkewajiban untuk membagikannya di milis Hitmen System ini. Tujuan saya, Kei, dan Jet menghabiskan banyak waktu menulis berbagai artikel dan melayani Q&A adalah kami ingin membantu menghindarkan pria-pria dari ancaman seleksi alam rantai romance.

Pria-pria yang pada dasarnya baik dan tulus, namun tidak mengerti bagaimana menciptakan ketertarikan lawan jenis. Pria-pria yang mampu berempati pada wanita dan dunianya dengan baik, terbukti dengan sering menjadi teman curhat, tapi kesulitan menembus batas lingkaran persahabatan itu.

Dengan kata lain, pria-pria lossy.

Jadi sekali lagi pertanyaannya adalah...

Kenapa wanita, secara ganjil, bisa tertarik pada pria berandalan dan brengsek yang tidak tahu bagaimana cara berhubungan dan memperlakukan mereka dengan baik?

Jawabannya sederhana.

Pria yang demikian mampu menawarkan apa yang tidak bisa ditemukan pada pria-pria lossy: mental attitude, adventure and mystery. Kami sudah beberapa kali membahasnya di artikel yang lalu.

"Tapi," Anda bertanya, "mereka kan pria brengsek. Ngapain tertarik sama adventure dan mystery dari orang brengsek? Sementara gue yang baik ama wanita, selalu kasih perhatian, kenapa ngga pernah dilirik ama mereka."

Guys, jangan tawar-tawar lagi, wanita TERTARIK dengan tingkah bad boys, adventure dan mystery.

Coba sebentar Anda membayangkan jadi wanita yang setiap hari dikerumuni pria yang romantis, berlomba-lomba menunjukkan kriteria calon pacar andalan, dan selalu memberi perhatian setiap saat.

Anda pasti akan merasa bosan setengah mati!

Apalagi Anda karena tahu pria-pria melakukan semua hal itu karena memang ada maunya.

Membosankan bin menjijikkan.

Jika wanita sudah tahu posisi dia lebih tinggi daripadamu, atau bisa melihat Anda ngarep setengah mati dengannya, rasa ketertarikan yang dia miliki padamu akan menurun drastis.

Itu adalah formula dasar manusia: kita menginginkan apa yang kita tidak bisa miliki dan sulit menghargai apa yang harus sudah ada jelas di depan mata kita.

Coba lihat apa yang terjadi dengan pria-pria brengsek itu. Mereka dapat membuat wanita merasa berdesir dengan semangat tantangan. Wanita selalu menduga-duga, tidak pernah tahu kegilaan apa lagi yang akan dia lihat dari mereka.

Di matamu, mereka adalah pria-pria brengsek. Tapi di mata wanita, mereka adalah pria-pria yang tidak membosankan, tidak gampangan, dan dia harus melakukan sesuatu agar bisa menjadi bagian dalam semua sensasi petualangan mereka.

Masuk akal?

Teruskan membaca lebih dalam lagi.

Sistem emosi dan sistem logika wanita bekerja dengan bobot peranan yang tidak merata. Wanita jauh lebih mempercayai dorongan emosi, intuisi daripada logika. Logika hanya berfungsi dan dilestarikan sekedarnya, yakni sebagai reminder atau setidaknya supaya merasa bodoh-bodoh amat.

Kedua sistem itu bekerja independen, dan tidak jarang saling bertolak belakang. Bila terjadi clash, wanita akan lebih berpihak pada intuisi. Dia akan berkata pada sisi logikanya, "Yeah, of course I know that.." lalu melanjutkan dengan melogikalisasi apa yang dikatakan oleh intuisinya.

Ketika mereka melihat seorang pria yang brengsek, mereka merasakan ketertarikan emosional pada pria itu karena alasan yang sudah dijelaskan di atas. Apakah secara logika mereka sadar bahaya berhubungan dengan pria demikian? Ya, mereka sadar akan kemungkinan sakit hati dan sebagainya.

Tapi justru itu yang membuat api ketertarikan mereka semakin berkobar-kobar!

Guys, listen to this: wanita memiliki logika bahwa jika pria terlihat keras dan kasar diluar, pasti di dalamnya sama sekali berkebalikan dengan itu!

Wanita menyusun sebuah logika berdasarkan sifat empati, naluri nurturan dan fantasi mereka bahwa pria-pria brengsek itu sebenarnya, jauh di dalam diri mereka, tidak brengsek sama sekali.

Sifat-sifat tersebut membuat wanita, dengan ‘mata ketiganya’, MERASA para bajingan yang dominan dan banyak aksi itu sebagai pria yang selalu-disalah-mengerti oleh masyarakat.

Bahwa jika saja ada Seorang Wanita Agung Yang Tulus Menyayangi, pria-pria itu pasti akan berubah dan menyadari keindahahan Cinta dan Kasih Sayang yang diberikan tanpa syarat kepada mereka.

Bahwa pria itu akhirnya akan tenggelam dalam adorasi dan mistikus cinta abadi kepada Sang Wanita Spesial Yang Selalu Setia Berkorban Dan Memahaminya ketika dulu mereka masih berandalan, norak, dianggap kurang ajar dan salah dimengerti oleh semua orang.

Rasanya memang konyol, tapi itu adalah hasrat terpendam dari sebuah hubungan cinta yang diidam-idamkan oleh banyak wanita, kalau bukan semua.

Jika Anda bertanya kepada banyak wanita, "Kata apa yang muncul dalam muncul di bayangan Anda bila mendengar kata Cinta?" Anda akan menemukan bahwa Pengorbanan selalu menjadi jawaban favorit utama, disusul oleh variasi kata-kata lainnya.

Tanyakan pada pria pertanyaan yang sama, jarang sekali mereka akan mengikutsertakan kata itu dalam tiga jawaban pertamanya.

Itulah relung psikis yang terukir dalam jiwa seorang wanita ketika mereka terlahir ke dunia. Relung psikis yang membuat wanita merasa lebih hidup ketika bertemu obyek yang mampu mengisinya.

Apakah itu termasuk hal yang membuat mereka turn-on?

Yup, exactly.

Wanita-wanita tertarik dengan aspek kejantanan, dominan, kepemimpinan seorang pria karena itu menggambarkan landasan hubungan yang sehat dan secure. Tapi ingat juga bahwa mereka adalah makhluk yang menyukai permainan arti dan simbol.

Jadi para wanita selalu membayangkan dibalik semua kesempurnaan dan kegilaan pria itu, ada tersembunyi ruang-ruang kosong dan dingin yang menunggu untuk diisi oleh satu Wanita Yang Sangat Spesial.

Saya ingin Anda mengulang ini puluhan kali setiap pagi:

Daripada DIPERLAKUKAN spesial, wanita lebih ingin MERASA spesial!

Pria lossy tidak akan pernah mengerti hal ini.

Mereka berpikir jika selalu memberikan semua perhatian khusus siang malam dan tetek bengek hadiah-hadiah lainnya, wanita-wanita akan tertarik pada mereka. Itu sebabnya Anda akan melihat jika pria ingin mengejar satu wanita, mereka akan melakukan hal-hal yang tidak pernah mereka lakukan dengan wanita lain.

BZZZZT! Salah, bung…

Saya selalu mengajar hal penting ini:

It’s NOT about WHAT special things you do to her.
It’s about WHO you are that makes herself FEEL special!

Pria brengsek, bajingan, playboy, bandot, dan berbagai kelas penjahat kelamin memiliki sinar alamiah yang menarik perhatian wanita-wanita. Sinar yang mengkomunikasikan mereka adalah pemimpin dan petualang yang begitu tangguh dan tidak kekurangan apa-apa, sehingga jika mereka memilih seorang wanita, itu pasti karena sang wanita mengetahui apa yang tidak diketahui wanita lain untuk bisa memahami dunia pria tersebut. Dengan demikian ia menjadi Wanita Yang Sangat Spesial.

Saya mengenal seorang sahabat wanita yang berpacaran dengan pria yang paling brengsek, bangsat, dan fuckingly retarded of all man I’ve known in the world. Wanita itu sebenarnya bisa menemukan BANYAK pria yang ratusan kali lebih baik dari dia, karena tidak saja pria itu kekanak-kanakan, tapi cara dia menjalankan hubungan sangat destruktif dan mengancam NYAWA sahabat saya tersebut.

Kami sudah tidak meneruskan kontak lagi sekarang, tapi di salah satu percakapan kami yang terakhir, saya sempat bertanya apakah si pria bajingan sudah tahu tentang kondisi kesehatannya yang semakin parah.

Sahabat saya itu menjawab dengan lirih, "Ngga. Gapapa, dia ga perlu tahu. Ini gue simpen aja sendiri, toh waktu gue juga ngga lama lagi. Gue mo nikmatin semua sisa keindahan hubungan ini, karena dia terlalu baik untuk tahu dan nanggung tekanan ini semua."

Itu adalah kata-kata dari seorang wanita muda, pintar, dan menarik yang selalu menangis setiap beberapa hari, mengalami berbagai emotional roller coaster dan mental abuse karena korban Blame Game di sepanjang hubungan mereka.

I was like, "Fuck!" Especially because I was the only one, besides the doctor, who know exactly how serious her health condition was. Not even her parents.

So guys, kalian mau tahu kenapa wanita tertarik, dan terus bertahan, berhubungan dengan pria berandalan dan brengsek yang tidak tahu cara memperlakukan mereka dengan baik?

Kombinasi kejantanan, petualangan, dan misteri kelemahan dari pria-pria demikianlah yang memicu reaksi kimia yang tidak tertahankan dalam jiwa setiap wanita, mulai dari yang lugu hingga yang berpengalaman. Reaksi kimia yang terus memampukan mereka bertahan dan berkorban ketika melihat pria mereka mulai dan terus bersikap kurang ajar dalam hubungannya.

Pria yang memang memiliki orisinalitas, independence, dan watak bernilai tinggi memiliki ‘sinar’ yang serupa dengan pria-pria bajingan seperti itu. Tidak banyak wanita yang bisa memilah-milahnya. Mereka tidak bisa mengenali tingkah Dominan, Kasar, dan Sok Macho yang justru adalah topeng dari KURANGNYA rasa percaya diri dan nilai tinggi.

Parahnya lagi, jika api ketertarikan sudah muncul, wanita akan sulit untuk memadamkan api tersebut, sekalipun akhirnya mengetahui bahwa pria yang dia idam-idamkan itu adalah pria brengsek.

Mereka bersedia terus berkorban, menunggu munculnya kristal yang berharga dari balik semua lagak kebrengsekan itu. Semakin mereka bertahan, semakin mereka merasa spesial dan tidak bisa melepaskannya.

Sebuah martir complex yang mengerikan.

Masih ada banyak cerita pengalaman wanita-wanita lainnya yang saya kenal pribadi, namun tidak akan ada habisnya jika harus dikupas semua di sini. Kei dan Jet juga memiliki banyak kumpulan cerita serupa dari wanita-wanita yang mereka kenal. Saya yakin Anda juga pernah mengalaminya.

Ironis sekali pria-pria yang baik dan mampu memberikan hubungan yang sehat justru tergeletak kesepian dalam kejombloannya. Kalaupun akhirnya mendapat wanita yang diimpikan, biasanya itu sudah ‘barang sisa’.

Wanita yang sudah exhausted dan luka trauma akibat keluguan mereka ketika berhubungan dengan pria berandalan. Wanita yang sudah kepayahan dan sangat insecure karena sudah harapan mereka tentang cinta sudah sempat dikandaskan oleh pasangan sebelumnya.

Kini Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jawaban pertanyaan di awal tadi. Saya tidak ingin Anda hanya mengetahuinya, tapi juga melakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaanmu yang serba ironis itu.

Pria lossy tidak pernah bisa sampai sedikitpun pada semua uraian yang sudah Anda Anda baca di artikel ini. Kalaupun Anda selama ini pria lossy, saya yakin Anda sudah terbakar dengan semangat untuk mulai bersikap Glossy ketika berhubungan dengan wanita.

Saatnya untuk sebuah transformasi.

Sahabatmu,
Lex


Gmana? ada sanggahan atau komentar?

23.8.09

BLOGGING AHHH...

Dah lama nih ga tiap hari ngeblog ;p pengen kaya dulu lagi curhatan via postingan, hehe... Its been a while and lots happen to me... lots of changes of course, but I happy about it ^_^

Saya percaya apapun rencana Allah untukku, itu yang terbaik ^_^ and in the past couple of weeks (almost two months!!!) was really a new exciting experience for me!!! Allah, Engkau memang tau aja apa yang aku mau :D tak pernah putus rasa syukurku padaMu, Engkau memang Maha Asyik and Maha Tau apa aja yang kubutuhkan dalam hidup ini, alhamdulillah yang tak terkira selalu kucurahkan padaMu ya Allah ^_^

hmm... apalagi ya....???

oya, for Aay, tetep semangadh, where there's a will there's a way (bener ga tuh?!), dimana ada kemauan disitu ada jalan... ^_^ I always beside, in front, or even behind your back when you need me ^_^

11.8.09

other side of me

ternyata...
yang satu ini juga penuh intrik dan lika-liku ya... saya baru tau setelah saya mengalaminya ^_^ hmmm... sometimes interesting, sometimes frustating, sometimes make me laugh, sometimes make me confuse, sometimes irritating ;p

but... awal saya memulai ini adalah dengan niat baik, untuk proses ke depannya saya hanya berharap Allah terus menemani saya untuk selalu berada dalam hidayah-Nya. Amin.

2.8.09

HAPPY WEDDING YA RUNI!!!

Another wedding reception yang gak saya datengin, baru keinget paginya, sementara lokasi resepsi ada di Jakarta yang terus terang lupa dimana tempatnya hehehe.. mohon maaf teman-temanQuw yang sangat ingin bertemu diriku!!! *LEBAY MODE ON*

HAPPY FOR YOU RUN...!!! Happily ever after, amin.

28.7.09

HAPPY WEDDING TO YUGZ!!!



Congrats for my another best fren, Yugi Ramdhani! Alhamdulillah.... akhirnya setelah tertunda beberapa lama, akhirnya lo bisa juga menyempurnakan setengah dien bersama dengan partner hidup lo, Nilla. Mudah-mudahan gw nyusul yak! ;p amin.

21.7.09

ANOTHER SPECIAL ARTICLE

Tidak seperti biasanya, salah satu notification yang ada dari sekian banyak yang tercantum disana adalah teman lama saya men-tag saya untuk membaca salah satu artikel dari sekian banyak artikel yang dia copy paste or dia buat sendiri. Dari judulnya memang biasa saja, "Mari Merenung Sejenak", tapi yang membuat saya tertarik adalah tidak biasanya dia men-tag saya di facebook. "Alright then!" saya pikir, saya baca aja, gak ada ruginya ^_^

Setelah saya baca, tak terasa air mata ini menetes (dasar perempuan...!!!) karena artikel ini bener-bener menjadi tambahan artikel favorit saya. Di satu sisi, saya menjadi tahu sisi lain seorang Andi Noya, di sisi lain kita semua emang harus selalu belajar memaksakan diri kita untuk selalu berkaca pada diri sendiri, selalu bermuhasabah dengan apa yang telah kita lakukan ke belakang... apakah banyak manfaatnya? Or masih ada mudharat disana dan disini?

Subhanallah! Alhamdulillah ya Allah... Artikel ini kembali merupakan bahan pembelajaran untukku. Percaya atau tidak, dulu aku juga memiliki pemikiran yang sama seperti Bapak Andy Noya... bedanya saya tidak bisa mendeskripsikannya sebaik beliau ke dalam tulisan ;p Artikel ini wajib banget buat dibaca, so... saya copy paste artikelnya untuk kalian baca.

Kaca Spion (Catatan Andy Noya (kick Andy))....

Sejak bekerja saya tidak pernah lagi berkunjung ke Perpustakaan Soemantri
Brodjonegoro di Jalan Rasuna Said, Jakarta . Tapi, suatu hari ada kerinduan dan dorongan yang luar biasa untuk ke sana . Bukan untuk baca buku, melainkan makan gado-gado di luar pagar perpustakaan. Gado-gado yang dulu selalu membuat saya ngiler. Namun baru dua tiga suap, saya merasa gado-gado yang masuk ke mulut jauh dari bayangan masa lalu. Bumbu kacang yang dulu ingin saya jilat sampai piringnya mengkilap, kini rasanya amburadul. Padahal ini gado-gado yang saya makan dulu. Kain penutup hitamnya sama. Penjualnya juga masih sama. Tapi mengapa rasanya jauh berbeda? malamnya, soal gado-gado itu saya ceritakan kepada istri. Bukan soal rasanya yang mengecewakan, tetapi ada hal lain yang membuat saya gundah.

Sewaktu kuliah, hampir setiap siang, sebelum ke kampus saya selalu mampir ke
perpustakaan Soemantri Brodjonegoro. Ini tempat favorit saya. Selain karena harus menyalin bahan-bahan pelajaran dari buku-buku wajib yang tidak mampu saya beli, berada di antara ratusan buku membuat saya merasa begitu bahagia.

Biasanya satu sampai dua jam saya di sana . Jika masih ada waktu, saya melahap buku-buku yang saya minati. Bau harum buku, terutama buku baru, sungguh membuat pikiran terang dan hati riang. Sebelum meninggalkan perpustakaan, biasanya saya singgah di gerobak gado-gado di sudut jalan, di luar pagar. Kain penutupnya khas, warna hitam. Menurut saya, waktu itu, inilah gado-gado paling enak seantero Jakarta. Harganya Rp 500 sepiring sudah termasuk lontong. Makan sepiring tidak akan pernah puas. Kalau ada uang lebih, saya pasti nambah satu piring lagi. Tahun berganti tahun. Drop out dari kuliah, saya bekerja di Majalah TEMPO sebagai reporter buku Apa dan Siapa Orang Indonesia . Kemudian pindah menjadi reporter di Harian Bisnis
Indonesia . Setelah itu menjadi redaktur di Majalah MATRA. Karir saya terus
meningkat hingga menjadi pemimpin redaksi di Harian Media Indonesia dan Metro TV.

Sampai suatu hari, kerinduan itu datang. Saya rindu makan gado-gado di sudut
jalan itu. Tetapi ketika rasa gado-gado berubah drastis, saya menjadi gundah. Kegundahan yang aneh. Kepada istri saya utarakan kegundahan tersebut. Saya risau saya sudah berubah dan tidak lagi menjadi diri saya sendiri. Padahal sejak kecil saya berjanji jika suatu hari kelak saya punya penghasilan yang cukup, punya mobil sendiri, dan punya rumah sendiri, saya tidak ingin berubah. Saya tidak ingin menjadi sombong karenanya.

Hal itu berkaitan dengan pengalaman masa kecil saya di Surabaya . Sejak kecil saya benci orang kaya. Ada kejadian yang sangat membekas dan menjadi trauma masa kecil saya. Waktu itu umur saya sembilan tahun. Saya bersama seorang teman berboncengan sepeda hendak bermain bola. Sepeda milik teman yang saya kemudikan menyerempet sebuah mobil. Kaca spion mobil itu patah..

Begitu takutnya, bak kesetanan saya berlari pulang. Jarak 10 kilometer saya
tempuh tanpa berhenti. Hampir pingsan rasanya. Sesampai di rumah saya langsung bersembunyi di bawah kolong tempat tidur. Upaya yang sebenarnya sia-sia. Sebab waktu itu kami hanya tinggal di sebuah garasi mobil, di Jalan Prapanca. Garasi mobil itu oleh pemiliknya disulap menjadi kamar untuk disewakan kepada kami. Dengan ukuran kamar yang cuma enam kali empat meter, tidak akan sulit menemukan saya.. Apalagi tempat tidur di mana saya bersembunyi adalah satu-satunya tempat tidur di ruangan itu. Tak lama kemudian, saya mendengar keributan di luar. Rupanya sang pemilik mobil
datang. dengan suara keras dia marah-marah dan mengancam ibu saya. Intinya dia meminta ganti rugi atas kerusakan mobilnya.

Pria itu, yang cuma saya kenali dari suaranya yang keras dan tidak bersahabat, akhirnya pergi setelah ibu berjanji akan mengganti kaca spion mobilnya. Saya ingat harga kaca spion itu Rp 2.000. Tapi uang senilai itu, pada tahun 1970, sangat besar.. Terutama bagi ibu yang mengandalkan penghasilan dari menjahit baju. Sebagai gambaran, ongkos menjahit baju waktu itu Rp 1.000 per potong.. Satu baju memakan waktu dua minggu. Dalam sebulan, order jahitan tidak menentu. Kadang sebulan ada tiga, tapi lebih sering cuma satu. Dengan penghasilan dari menjahit itulah kami - ibu, dua kakak, dan saya - harus bisa bertahan hidup sebulan.

Setiap bulan ibu harus mengangsur ganti rugi kaca spion tersebut. Setiap akhir bulan sang pemilik mobil, atau utusannya, datang untuk mengambil uang. Begitu berbulan-bulan. Saya lupa berapa lama ibu harus menyisihkan uang untuk itu.. Tetapi rasanya tidak ada habis-habisnya. Setiap akhir bulan, saat orang itu datang untuk mengambil uang, saya selalu ketakutan. Di mata saya dia begitu jahat. Bukankah dia kaya? Apalah artinya kaca spion mobil baginya? Tidakah dia berbelas kasihan melihat kondisi ibu dan kami yang hanya menumpang di sebuah garasi?

Saya tidak habis mengerti betapa teganya dia. Apalagi jika melihat wajah ibu juga gelisah menjelang saat-saat pembayaran tiba. Saya benci pemilik mobil itu. Saya benci orang-orang yang naik mobil mahal. Saya benci orang kaya.

Untuk menyalurkan kebencian itu, sering saya mengempeskan ban mobil-mobil mewah. Bahkan anak-anak orang kaya menjadi sasaran saya. Jika musim layangan, saya main ke kompleks perumahan orang-orang kaya. Saya menawarkan jasa menjadi tukang gulung benang gelasan ketika mereka adu layangan. Pada saat mereka sedang asyik, diam-diam benangnya saya putus dan gulungan benang gelasannya saya bawa lari. Begitu berkali-kali. Setiap berhasil melakukannya, saya puas. Ada dendam yang terbalaskan.
Sampai remaja perasaan itu masih ada. Saya muak melihat orang-orang kaya di
dalam mobil mewah. Saya merasa semua orang yang naik mobil mahal jahat. Mereka orang-orang yang tidak punya belas kasihan. Mereka tidak punya hati nurani.

Nah, ketika sudah bekerja dan rindu pada gado-gado yang dulu semasa kuliah begitu lezat, saya dihadapkan pada kenyataan rasa gado-gado itu tidak enak di lidah. Saya gundah. Jangan-jangan sayalah yang sudah berubah. Hal yang sangat saya takuti. Kegundahan itu saya utarakan kepada istri. Dia hanya tertawa. ''Andy Noya, kamu tidak usah merasa bersalah. Kalau gado-gado langgananmu dulu tidak lagi nikmat, itu karena sekarang kamu sudah pernah merasakan berbagai jenis makanan. Dulu mungkin kamu hanya bisa makan gado-gado di pinggir jalan. Sekarang, apalagi sebagai wartawan, kamu punya kesempatan mencoba makanan yang enak-enak. Citarasamu sudah meningkat,'' ujarnya. Ketika dia melihat saya tetap gundah, istri saya mencoba meyakinkan, "Kamu berhak untuk itu. Sebab kamu sudah bekerja keras." Tidak mudah untuk untuk menghilangkan perasaan bersalah itu.. Sama sulitnya dengan meyakinkan diri saya waktu itu bahwa tidak semua orang kaya itu jahat. Dengan karir yang terus meningkat dan gaji yang saya terima, ada ketakutan saya akan berubah. Saya takut perasaan saya tidak lagi sensisitif. Itulah kegundahan hati saya setelah makan gado-gado yang berubah rasa. Saya takut bukan rasa gado-gado yang berubah, tetapi
sayalah yang berubah. Berubah menjadi sombong.

Ketakutan itu memang sangat kuat. Saya tidak ingin menjadi tidak sensitif. Saya tidak ingin menjadi seperti pemilik mobil yang kaca spionnya saya tabrak. Kesadaran semacam itu selalu saya tanamkan dalam hati. Walau dalam kehidupan sehari-hari sering menghadapi ujian. Salah satunya ketika mobil saya ditabrak sepeda motor dari belakang. Penumpang dan orang yang dibonceng terjerembab. Pada siang terik, ketika jalanan macet, ditabrak dari belakang, sungguh ujian yang berat untuk tidak marah. Rasanya ingin melompat dan mendamprat pemilik motor yang menabrak saya. Namun, saya terkejut ketika menyadari yang dibonceng adalah seorang ibu tua dengan kebaya lusuh.
Pengemudi motor adalah anaknya. Mereka berdua pucat pasi. Selain karena terjatuh, tentu karena melihat mobil saya penyok. Hanya dalam sekian detik bayangan masa kecil saya melintas. Wajah pucat itu serupa dengan wajah saya ketika menabrak kaca spion.

Wajah yang merefleksikan ketakutan akan akibat yang harus mereka tanggung. Sang ibu, yang ecet-lecet di lutut dan sikunya, berkali-kali meminta maaf atas keteledoran anaknya. Dengan mengabaikan lukanya, dia berusaha meluluhkan hati saya. Setidaknya agar saya tidak menuntut ganti rugi. Sementara sang anak terpaku membisu. Pucat pasi. Hati yang panas segera luluh. Saya tidak ingin mengulang apa yang pernah terjadi pada saya. Saya tidak boleh membiarkan benih kebencian lahir siang itu. Apalah artinya mobil yang penyok berbanding beban yang harus mereka pikul. Maka saya bersyukur. Bersyukur pernah berada di posisi mereka. Dengan begitu saya bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Setidaknya siang itu saya tidak ingin lahir sebuah benih kebencian. Kebencian seperti yang pernah saya rasakan dulu. Kebencian yang lahir dari pengalaman hidup yang pahit.

Refleksi:
Mengapa harus sombong dengan kekayaan yang kita miliki, karena kekayaan tiada berguna sama sekali, lebih baik menghidupkan lagi rasa toleransi yang ada pada diri untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

16.7.09

new play!!!

Sudah beberapa hari saya gak menengok kesini, sama sekali gak bermaksud apa-apa... tapi saya mendapatkan mainan baru ;p yeahh... somekind like that!!! A new world that I dont imagine before... dunia baru, keasikan baru, boleh dibilang hobi baru....!!! ^_^

Mudah-mudahan sesuatu yang baru ini bisa menjadi manfaat positif dan membawa kebaikan buat saya dan semuanya. Amin.

Mau tau apa???






Sebelumnya saya pun ga nyangka akan bisa melakukan ini... Benar kata orang-orang, "Jika menginginkan sesuatu jangan berlebihan, begitu pula jika tidak menyukai sesuatu". Dunia ini sama sekali ga terbayangkan sebelumnya, bahkan sebagai keturunan keluarga pekerja saya ga akan membayangkan mencoba ini ^_^ Entah kontaminasi ups... maksudnya dukungan dari Aay, atau saya yang memang merasa jenuh dengan rutinitas dan ingin mencari sesuatu yang lain, yang lagi-lagi alhamdulillah diijabah sama Allah dan diberikanlah tantangan ini kepada saya ^_^

Akhirnya saya memberanikan diri berBISNIS.. ya.. kata-kata yang dulunya merupakan alergi tersendiri untuk saya. Saya coba membuka online shop di salah satu site yang memberikan account gratis dimana hampir semua penggunanya merupakan seller. Mudah-mudahan ini merupakan salah satu kebaikan dari kebaikan-kebaikan yang sudah dan akan datang lagi kepadaku ke depannya ^_^ Semangadh!!!

13.7.09

My Friends Presentation


Seminggu yang lalu temen sma saya datang untuk silaturahim and ternyata sekalian untuk menawarkan bisnis... Selain itu juga dia akan ngadain presentasi "Business & Beauty Presentation" with Oriflame. Itung-itung agar silaturahim tetap tersambung, yaudah saya bergabung...

Yang saya liat di presentasinya, yang utama bukan passive incomenya, tapi gimana caranya saya bisa mempererat bahkan menambah silaturahim dengan ikut member ini. Kita bisa menghubungi lagi teman-teman lama dengan menawarkan bisnis ini, kalo mereka gak tertarik ga papa, at least mereka bisa liat katalognya dan insyaAllah beli produknya ^_^

Rumah teman saya ini lumayan menguras energi (hehehe... sori Dyn..) karena lokasinya di Cibungbulang alias Leuwiliang, but its ok! Selain bisa jalan bareng sama Aay sekaligus niat saya adalah silaturahim... yang akhirnya membawa hikmah dan barokah tersendiri untuk Aay ^_^

Ada yang tertarik bergabung dan meraih kesuksesan bersama saya?

11.7.09

and now.... Congrats To ROSALIA!


Namanya emang mirip sama nama saya, untuk nama depan kita cuman beda satu huruf aja, saya ROSALINA, dia ROSALIA. Dan yang menikah hari ini, 11 Juli 2009 adalah ROSALIA!!! Girl, kangen banget gw sama lo... and tadi pas liat lo di pelaminan, rasanya pengen curhat-curhatan di tempat saat itu juga, seperti yang biasa kita kerjain di kosan gw ;p tapi ya gak mungkin kalee!!! Hehehehe...

Alhamdulillah cha... akhirnya lo bisa menentukan arah dan pilihan hidup lo... Seneng banget rasanya liat lo tadi siang... Relax and enjoy your life now girl! ^_^

TAKWA PADA ALLAH

Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah saw beliau bersabda : Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “ (Riwayat Turmuzi, dia berkata haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan hasan shahih)

Congrats ya OPY.....!!!

This time on 5th of July 2009, OPY FAJAR ANUGRAH menikah!!! Selamat ya buu... seneng deh liat foto-fotonya karena kau terlihat sangat bahagia di hari sangat spesial itu, pangling deh liatnya!!! ^_^ Dan (lagi-lagi) saya gak bisa dateng ke resepsinya, abissnyaa... nikahnya besok baru hari ini dikasi tau... gimana gag shock gw bu???!!! hehehehe...

Anyway... Turut berbahagia melihat engkau happy bu.... ^_^

(foto nyusul ya...)

8.7.09

PRESIDENT ELECTION


Here goes our election going... Now it's time to choose the President! Semoga yang terpilih nanti bisa amanah dan membuat Indonesia ke arah yang lebih baik. Walaupun itu semua butuh proses, tapi setidaknya 5 tahun ke depan Presiden ini dapat memberikan perubahan positif untuk negeri kita tercinta. Amin.


Karena hari ini pemilihan presiden, sehingga calon yang dipilih sedikit, hanya 3 pasang, maka proses penghitungan pun berlangsung cepat... Kucatat yah... pukul 13.50 penghitungannya berakhir. Mudah-mudahan proses penghitungan di pusat juga cepet ya... Kita aja bisa, masa mereka juga gak bisa menerapkan keefektifan waktunya ^_^

7.7.09

PESAN RASULULLAH

"Dari Abu Hurairah Abdurrahman bin Sakhr radhiallahuanhu dia berkata : Saya
mendengar Rasulullah ε bersabda : Apa yang aku larang hendaklah kalian menghindarinya dan apa yang aku perintahkan maka hendaklah kalian laksanakan semampu kalian. Sesungguhnya kehancuran orang-orang sebelum kalian adalah karena banyaknya pertanyaan mereka (yang tidak berguna) dan penentangan mereka terhadap nabi-nabi mereka." (Bukhori dan Muslim)

HIKS....

Dengan sangat terpaksa, akhirnya saya harus mengganti template yang sebelumnya sangaaaat sangaaat saya sukai... Diganti jadi yang ini... Lebih simple and I kinda like it!!! ^_^

6.7.09

a FUN DAY!!!

Dimulai ketika saya ajak mamah untuk lunch di salah satu outlet makanan yang sudah dikenal di Indonesia, soalnya saya lagi pengen banget nyobain varian-nya yang terbaru. Entah kenapa saya sangaaaaaat suka dengan makanan ini dan keluarganya ^_^ dan ketika mamah bilang iya, langsung deh siap-siap....
MyEm0.Com

Sesampai disana langsung aja saya order dan ketika pesenan dateng, langsung makaaaaan....!!!
MyEm0.Com



Beres makan, ashar dulu di MesRa a.k.a Mesjid Raya Bogor, and abis itu sih rencananya mamah mau facial, saya mau peeling di salon langganan, tapi mengingat waktu udah sore di-cancel deh, and melanjutkan agenda berikutnya : visiting new born baby!!! Senangnyaaa... tanteku abis lahiran so pengen banget liat baby-nya ^_^



Lucu gag baby-nya???? Yang di sebelah kanannya adalah kakaknya....

2.7.09

A ROLE MODEL

Selamat ya adindaku karena baru aja punya blog! Please visit http://roswitapujilestari.blogspot.com/ ya! Mudah-mudahan bisa bermanfaat untukmu dan yang lainnya ^_^ I always feel flattered, karena apapun yang aku lakukan, adikku ini selalu berusaha menirunya lalu ingin mengalahkanku in every way, or at least sama lah level posisinya. Terkadang itu membuatku tertawa sendiri, kalau di rumah sepertinya dia sangat anti berada di dekatku, maybe she showing her respect to me kaya gitu kali ya! Hahahahaha!!! *GR mode ON*

Setelah berpikir flashback, terutama apa yang dikatakan sama almarhum papahku yang tercinta (miss u dad!) kalo aku bakal dijadikan role model sama adikku, both way, baik maupun buruknya! So papah selalu pesen kalo saya harus jadi anak yang baik, HARUS SELALU JADI KEBANGGAAN PAPAH MyEm0.com oohh my! missing you always Dad! Semoga kita sekeluarga nanti bisa langsung berkumpul di surga Allah ya, amin. MyEm0.com

Semenjak papah berpesan itu, saya selalu berusaha, trying my best deh walo gak selalu bisa untuk menjadi kebanggaan Papah sekaligus contoh yang baik untuk adindaku. Hmm... sudah 4 tahun Pah, aku berusaha menjadi yang terbaik walo selama ini pas Papah gak ada jadi semakin berat, but dont worry Pah! Bukan anak Papah namanya kalo aku gag bisa nikmatin semua ini. Papah tenang aja disana, karena disini aku sama adindaku akan berusaha sebaik mungkin jagain partner hidupmu, Mamah!
MyEm0.com

Semua memang ada hikmahnya Pah... walo semakin berat tapi hidupku semakin indah dengan semua liku-likunya, dengan semua ups and down-nya! Sungguh aku menikmati semuanya sedari aku masih bersamamu, ataupun saat sekarang kau sudah tak ada. Kubayangkan saat dimana kita selalu punya quality time, Alhamdulillah ya Allah! Senam pagi rutin di gunung mas, melepas penat di Cibodas, membuang bete di Taman Bunga Nusantara, cari excitement ke curug-curug, berbagi kebahagiaan di Gunung Pangrango. Dan tak lupa juga semua, semuuua ilmu yang kau ajarkan sembari ngobrol, nyetir, belanja bareng, semuanya yang finally benar-benar bermanfaat untukku.

Semua marah, kesal, kecewa, bangga, senang, geli, kehangatan, kebersamaan, kedisiplinan, kasih sayang, kebajikan masih terekam jelas di kepalaku. Thanks Allah for all good and bad times I spent with Papah. Entah kenapa malam ini saya jadi teringat Papah. But its ok ^_^ air mata yang tumpah ini air mata kebahagiaan, air mata syukur untukmu ya Allah karena sudah dilahirkan dan dibesarkan di tengah-tengah keluarga hebat ini.

And Mamah... We will always luv you, no matter what! Beliau sudah mengalami banyak hal yang menjadikannya wanita super yang hebat. Semoga Allah selalu memberikan jalan terbaik untuk keluargaku. Amin.

1.7.09

"NOBAR" & DONGENG KAK AWAN

Senengnya bisa diajakin berbagi kesenangan bersama 30 anak yatim piatu dan kaum duafa dari Taman Asuh Miftahul Jannah, Cimanggu, Bogor. Pemrakarsa acara ini tidak lain dan tidak bukan selain Bunda Desi. Awalnya ketika saya cek milis Blogor bahwa Bunda Desi tanggal 30 Juni 2009 akan ngadain acara series "Nonton Bareng" film "KING" dilanjutkan dengan acara dengan tema "Dongeng bersama Kak Awan" dari Gramedia di Panggung Atrium Botani Square, acara ini mengundang 30 anak dari Taman Asuh Miftahul Jannah, and of course I said YES!

Nonton bareng dimulai sekitar jam 12, tapi tadi sayah telat! Maaf yah semuanyaa... Untung ada Akang Ontohod yang rela jadi seksi sibuk nunjukin dimana studionya ^_^ thanks ya! Pokoknya mah anak-anak Blogor emang T.O.P.B.G.D deeeh!!! ;p


Setelah beres nonton, kita ke musholla-nya Botani Square dulu untuk sholat dzuhur and kemudian lanjut acaranya ke Panggung Atrium Botani Square untuk acara selanjutnya.


Ketika anak-anak dengerin Dongeng-nya Kak Awan, saya dengerin celotehannya anak-anak Blogor di food court yang gak jauh dari acara, and surprise...surprise!!! Bunda Menik yang kebetulan berulang tahun mengundang lunch bareng, alhamdulillah... pertama kali kopdar udah ketiban rejeki dua kali, nonton bareng yang gratis dan free lunch! Rejeki mah emang gak kemana, amin.


Lunch beres, ngobrol puas, dongeng-nya pas banget beres! Dan dimulailah photo session-nya!!! Thank you for wonderful day-nya yah teman-teman baruku, look forward to see you in the near future ^_^



30.6.09

KING



Senengnya bisa spent time sama temen-temen Blogor, finally... saya bisa juga kopdar bareng sama mereka ;p thanks so much guys! ^_^

Salah satu kesimpulan yang saya tangkap setelah menonton film ini sepertinya Ari Sihasale sebagai sutradara ingin menumbuhkan rasa nasionalisme dalam jiwa para penonton film ini. Kental sekali adegan-adegan yang bersifat patriotisme dan nasionalisme bermunculan dalam film ini. Saya cukup terenyuh menonton film ini karena moral yang terkandung dalam film ini cukup dalam.

Persahabatan

Nasionalisme

Setia Kawan

Toleransi

Pengorbanan

Kerja Keras

Semangat

Selalu Fokus

Disiplin

Perjuangan


Tidak ada yang mudah dalam hidup ini. Segala sesuatu pasti ada resikonya, apapun itu. Dikisahkan seorang anak lelaki bernama Guntur (Rangga Aditya) yang berjuang ingin menjadi seorang pemain bulutangkis sejati yang dibanggakan Indonesia. Awal mulanya terjadi karena dia dan ayahnya sangat mengidolakan Liem Swie King. Ayah Guntur (Mamiek Prakoso) adalah seorang komentator pertandingan bulutangkis di kampungnya yang bekerja sebagai pengumpul bulu angsa, bahan untuk pembuatan shuttlecock. Dia sangat mencintai bulutangkis dan dia menularkan semangat dan kecintaannya itu pada Guntur.

Dengan segala keterbatasan dan kendala yang ada, Raden (Lucky Martin) sebagai sahabat setianya selalu berusaha membantu Guntur. Dengan semangat yang tinggi tanpa mengenal lelah, dan pengorbanan berat yang harus dilakukan, Guntur tak henti-hentinya berjuang untuk mendapatkan beasiswa bulutangkis yang akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan oleh Guntur dan teman-temannya beserta seisi kampung.


Adegan favoritku :
1. Ketika Raden berperan sebagai replacement untuk Guntur di klub bulutangkisnya Pak Herman (Surya Saputra), disamping sebelumnya harus mengumpulkan uang untuk biaya pendaftaran dengan mengamen bersama Michele (Valerie Thomas). Ohhh... so sweeeet! Persahabatan yang punya toleransi yang sangat tinggi, dont forget juga pengorbanan mereka. Apakah dijaman kaya gini masih ada nilai persahabatan seluhur itu?
2. Acara nonton pertandingan bulutangkis sekampung disertai dengan ocehan kecewa ataupun gembira ketika pemain Indonesia yang mereka idolakan bermain, ataupun ketika di akhir film setelah dikomentatori oleh ayah Guntur kemudian mereka bernyanyi lagu kebangsaan bersama. OOhh, Man! Apakah di pedesaan memang masih ada hal-hal kaya gitu? Dan kalau memang terjadi, wow! Salut!
3. Dont forget the last one! Gimana film ini memperlihatkan keindahan alam Indonesia, konon katanya diperlukan kamera khusus untuk bisa menangkap keindahan alam itu ke dalam film ini. Subhanallah!



Gambar diambil dari sini dan sini

28.6.09

FIRST TIME AT NIGHT

Saya mendesak Aay untuk ikut ritualnya belanja malam or dini hari, tetapi selama ini selalu ditolak. Aay mulai ritual belanja ini semenjak dia berniat membuka warung makan di Jalan Selot itu loooh... Yah itung-itung mulai merintis jiwa wirausaha, harus mulai dari yang kecil dulu untuk bisa melanjutkan ke yang lebih besar. Amin. And kemarin, surprise... surprise!!!! Akhirnya Aay mau mengajakku belanja ke pasar, tetapi tetap dengan alasan yang konon memberatkan, "disana becek loooh..." yah aku jawab dalam hati, "so what..???!"

Pas nyampe pasar yang dinamakan pasar bogor itu, the first thing that came up, "udah malem tetep rame juga ni pasar..."

Untungnya malem itu Aay gag belanja banyak cuman beli ayam yang udah di-order malem sebelumnya untuk order katering uminya Aay. Alhamdulillah, sedikit-sedikit juga rejeki ya Ay.... ^_^ eh lupa.. untuk 200 porsi mah dipikir-pikir mah ga dikit deng! hihihi... Pas nyampe tempat jual ayamnya, ternyata sang penjual belum nyiapin package-nya so... we have to wait for 10 minutes more...

Its ok! Saatnya foto-foto.... karena saya excited banget melihat view pasar di malam hari, jadi dapet inspirasi untuk prewed disini hahahahaha!!! why not kalee...?! view-nya beda banget dari yang lain... dinamisasi yang tidak bisa kita dapatkan di tempat lain hehehe.... Yuuk kita lihat.