30.7.10

Quote of The Day

"Saya yakin akan bahagia dengan caraku sendiri!" -Eneng Ocha

27.7.10

Terkabulnya Sebuah Doa


Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata: Rasulullah ε bersabda : Sesungguhnya Allah ta’ala itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firmannya : Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal shalehlah. Dan Dia berfirman : Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalanan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : Ya Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan. (Riwayat Muslim, Hadits 10, Hadits Arba’in An Nawawi).


Kandungan dalam Hadits :
1. Dalam hadits diatas terdapat pelajaran akan sucinya Allah ta’ala dari segala kekurangan dan cela.
2. Allah ta’ala tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Maka siapa yang bersedekah dengan barang haram tidak akan diterima.
3. Sesuatu yang disebut baik adalah apa yang dinilai baik disisi Allah ta’ala.
4. Berlarut-larut dalam perbuatan haram akan menghalangi seseorang dari terkabulnya doa.
5. Orang yang maksiat tidak termasuk mereka yang dikabulkan doanya kecuali mereka yang Allah kehendaki.
6. Makan barang haram dapat merusak amal dan menjadi penghalang diterimanya amal perbuatan.
7. Anjuran untuk berinfaq dari barang yang halal dan larangan untuk berinfaq dari sesuatu yang haram.
8. Seorang hamba akan diberi ganjaran jika memakan sesuatu yang baik dengan maksud agar dirinya diberi kekuatan untuk ta’at kepada Allah.
9. Doa orang yang sedang safar dan yang hatinya sangat mengharap akan terkabul.
10. Dalam hadits terdapat sebagian dari sebab-sebab dikabulkannya do’a : Perjalanan jauh, kondisi yang bersahaja dalam pakaian dan penampilan dalam keadaan kumal dan berdebu, mengangkat kedua tangan ke langit, meratap dalam berdoa, keinginan kuat dalam permintaan, mengkonsumsi makanan, minuman dan pakaian yang halal.

24.7.10

Begini Begitu

Terkadang sesuatu ga semudah keliatannya ya.... Semua serba subyektif. menurut saya sulit, belum tentu menurut Anda. Menurut saya justru sangat simple untuk diselesaikan, malahan sungguh sangat sulit bagi seseorang.

Nahhh... saat ini yang terjadi adalah bagi kebanyakan orang so simple, buat saya justru sangat sangat sangat membingungkan... Disaat muncul keraguan akan apapun itu, inilah saatnya waktu terbaik untuk bertanya pada Sang Pemilik Pertanyaan, bagaimana sebaiknya penyelesaiannya. Huffftt... Doakan saya ya...
MyEm0.Com

Semua pasti ada resikonya, mau pilih begini pasti jadinya begini, kalo mau begitu hmm... berarti jadinya begitu...

SEMANGAAAAAAAT!!! MyEm0.Com

21.7.10

Jagalah Allah


Dari Abu Al Abbas Abdullah bin Abbas radhiallahuanhuma, beliau berkata : Suatu saat saya berada dibelakang nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, maka beliau bersabda: Wahai ananda, saya akan mengajarkan kepadamu beberapa perkara: Jagalah Allah, niscaya dia akan menjagamu, Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada di hadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah sesungguhnya jika sebuah umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu , niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering. (Riwayat Turmuzi dan dia berkata : Haditsnya hasan shahih). Dalam sebuah riwayat selain Turmuzi dikatakan: Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatkan-Nya didepanmu. Kenalilah Allah di waktu senggang niscaya Dia akan mengenalmu di waktu susah. Ketahuilah bahwa apa yang ditetapkan luput darimu tidaklah akan menimpamu dan apa yang ditetapkan akan menimpamu tidak akan luput darimu, ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran dan kemudahan bersama kesulitan dan kesulitan bersama kemudahan).(Hadits 19, Hadits Arba’in An Nawawi)


Pelajaran dalam hadits :
1. Perhatian Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam dalam mengarahkan umatnya serta menyiapkan generasi mu’min idaman.
2. Termasuk adab pengajaran adalah menarik perhatian pelajar agar timbul keinginannya terhadap pengetahuan sehingga hal tersebut lebih terkesan dalam dirinya.
3. Siapa yang konsekwen melaksanakan perintah-perintah Allah, nicsaya Allah akan menjaganya di dunia dan akhirat.
4. Beramal saleh serta melaksanakan perintah Allah dapat menolak bencana dan mengeluarkan seseorang dari kesulitan.
5. Tidak mengarahkan permintaan apapun (yang tidak dapat dilakukan makhluk) selain kepada Allah semata.
6. Manusia tidak akan mengalami musibah kecuali berdasarkan ketetapan Allah ta’ala.
7. Menghormati waktu dan menggunakannya kepada sesuatu yang bermanfaat sebagaimana Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam memanfaatkan waktunya saat beliau berkendaraan.

15.7.10

warm happiness

Subhanallah...

Seneng sekaligus sedikit kepikiran sama apa yang baru aja terjadi sekitar jam 10 pagi tadi...
MyEm0.Com MyEm0.Com

Baru saja pulang dari salah satu ekspedisi langganan untuk kirim order dagangan, setelah itu kembali pulang ke ruangan kantor. Di tengah perjalanan, kira-kira 10 meter di depanku ada balita lelaki bersama dengan nanny-nya, sepertinya mereka berjalan-jalan untuk melihat-lihat suasana gedung ini. Sesaat balita ini bertemu pandang dengan saya, kemudian berhenti berjalan. Kami pun sedikit demi sedikit semakin berpapasan satu sama lain. Dia tetep aja diem seraya mengembangkan senyum sambil terus melihat ke arah saya, tentu saja saya balas dengan senyum juga dooong... Sapa yang ga mau senyum sama anak kecil ganteng seperti dia... Tak lama nanny-nya menarik tangannya untuk segera berjalan kembali tanpa menyadari bahwa dia sedang memperhatikan saya.

Balita ganteng ini tetep aja ga mau beranjak sambil terus menatap saya dan tetap manteng dengan senyum gantengnya, duuhh.. senengnya disenyumin orang ganteng :P Baru tersadar dan agak kaget nanny-nya kalo ternyata dia sedang tersenyum kepada saya. Karena kondisinya dia ga mau kemana-mana, akhirnya saya lambaikan tangan sambil terus membalas senyumnya dengan senyum saya menandakan bahwa saya "dadah" ke dia. Nanny-nya kontan langsung tertawa ke saya, sempet beberapa saat si ganteng ga mau membalas lambaian tangan saya tapi tetap dengan senyuman mautnya. Setelah ketiga kalinya saya "dadah" sambil berjalan berlawanan arah, si ganteng mau juga membalas "dadah" saya.

Seneng banget deh pagi-pagi udah dikasi kebahagiaan yang menghangatkan! MyEm0.Com

13.7.10

Teguran...

Baru saja, ada yang menimpali status yang saya publish di salah satu sosial media yang saya miliki. Tetapi comment-nya membuat saya tertegun, hmmm... Apakah saya sudah berbuat salah? Apakah keputusan saya membuat toko adalah kesalahan? Agak sedikit sedih...

But.. eitttsss!!! Ga boleh gtu doooong! ga boleh suudzon gtu sama orang lain, harus tetep semangat!!! Terus terang kaget sih, mendapat comment seperti itu, tapi saya harus tetep semangat tho!? Demi kebaikan, kemajuan dan keberkahan toko ke depannya :D Mudah-mudahan penjabaran yang saya berikan ga membuat beliau tersinggung deh :)

12.7.10

Hamdalah All The Time

Alhamdulillah
Untungnya kuturuti nasihat hati kecilku, kemarin sempat ada yang cancel orderan. Terbersit rasa kecewa di dalam hati. Tetapi kemudian hati kecilku menegurku "Hei... Sayangku... Ga boleh kecil hati dan kecewa seperti itu dong! Kalau memang itu rejeki kamu, pasti akan menjadi milik kamu. Yakinlah!"
MyEm0.Com

Setelah itu saya kembali tersenyum dan selalu bersemangat menanti orderan berikutnya. Orderan pun datang silih berganti setiap hari. Dan kekecewaan tempo haripun terlupakan. Setelah melewati hampir dua pekan, tiba-tiba instant messaging yang selalu aktif di ponsel saya berbunyi, menandakan ada seseorang yang ingin mengajak chatting.

Setelah menjawab salamnya, chatting pun mengalir begitu saja. Rupanya seseorang ini adalah yang meng-cancel orderan yang saya lupakan itu. Beliau menanyakan salah satu produk yang pernah ia beli sebelumnya. Saya cek stoknya sebentar, dan alhamdulillah pesanan beliau lengkap semua.

Yang membuat hati saya semakin tersenyum adalah kuantitas pembelian yang customer ini lebih besar dibandingkan orderan yang beliau cancel. Subhanallah! Maha Pemurah Engkau Ya Allah terhadap hamba-Mu ini.

Jadi teringat ayat-Mu :
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (Q.S. Ar-Rahman)


(Tuhan)Yang Maha Pemurah
Yang telah mengajarkan Al Qur'an
Dia menciptakan manusia,
Mengajarnya pandai berbicara.
Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan
Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepadaNya
Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan)
Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu
Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu
Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhlukNya
di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang
Dan biji-bijian yang berkulit dan dan bunga-bunga yang harum baunya
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dia menciptakan manusia dari tanah yang kering seperti tembikar
dan Dia menciptakan jin dari nyala api
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu
antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dari keduanya keluar mutiara dan marjan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dan kepunyaanNya-lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Semua yang ada di bumi itu akan binasakan
Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi)penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Kepada kamu (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga, maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (daripadanya)
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
orang-orang yang berdoasa dikenal dengan tanda-tandanya lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Inilah neraka jahanam yang didustakan oleh orang-orang berdosa
Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnaya
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Mereka bertelakan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Maha Agung nama Tuhanmu Yang mempunyai kebesaran dan karunia
(Q.S. Ar-Rahman, ayat 1 - 78)

10.7.10

Quote of The Day

When you come to the end of your rope, tie a knot and hang on. - Franklin D. Roosevelt

9.7.10

DILARANG PUTUS SILATURAHIM


Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Janganlah kalian saling dengki, saling menipu, saling marah dan saling memutuskan hubungan. Dan janganlah kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, (dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Taqwa itu disini (seraya menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang muslim. Setiap muslim atas muslim yang lain; haram darahnya, hartanya dan kehormatannya" (Riwayat Muslim, Hadits 35 Hadits Arba’in An Nawawi)


Keterangan :
Diharamkan untuk memutuskan hubungan terhadap muslim. Sebaliknya harus dijaga persaudaraan dan hak-haknya karena Allah ta’ala. Islam bukan hanya aqidah dan ibadah saja, tetapi juga didalamnya terdapat urusan akhlak dan muamalah. Hati merupakan sumber rasa takut kepada Allah ta’ala. Taqwa merupakan barometer keutamaan dan timbangan seseorang. Islam memerangi semua akhlak tercela karena hal tersebut berpengaruh negatif dalam masyarakat Islam.

7.7.10

MUSANG

Postingan kali ini, saya jadikan sesi curhat aja boleh kan?!

Semalem tiba-tiba saja, langit-langit rumah di dekat ruang tv bolong karena ulah musang yang lalu-lalang di atas rumah. Yang bikin shock, dia sempat berputar ke belakang tv dulu untuk bertemu saya. Kontan saja, saya yang lagi santai langsung teriak sekenceng-kencengnya dan langsung loncat seribu langkah, eh.. salah ding! Langsung lari sambil tetep pake teriak sekenceng-kencengnya... Sampai sekarang masih kebayang matanya yang bertatapan dengan mata saya. Astagfirulloh, merinding disko deh kalo keinget momen itu.

Karena saya teriak, dia pun langsung lari ke bawah, dan alhasil... sampai sekarang musangnya terperangkap di dalam rumah. Dan... yang bikin tambah gemes... Musangnya buang kotoran dan cairannya di hampir pelosok rumah....!!!
MyEm0.Com


Berasa banget deh, gimana sih yang namanya comfort zone kita diganggu sama orang lain bahkan makhluk lain, dalam hal ini musang! Rasanya ga tenang banget alias was-was alias kesel binti bete kalo dipikirin... Rumah adalah tempat kita bisa merasakan ketenangan, rumah tempat kita melepaskan semua lelah tanpa harus mengenakan topeng apa pun. Tapi jika ternyata di rumah sendiri ada makhluk lain, sebeeeeell!!!
MyEm0.Com

Yang lucu, mamah saya bilang, "Lebih bagus lagi kalo musangnya ditangkep terus dijadiin pajangan! Dikasi air keras!" MyEm0.Com Ada-ada aja...

Semoga aja hari ini, bapak yang biasa bantu-bantu kerjaan rumah bisa menemukan musangnya dan mengembalikannya ke alam liar. Jadi kita yang "beda alam" ga saling mengganggu. Amin.

6.7.10

Quote of The Day

What seems to us as bitter trials are often blessings in disguise. - Oscar Wilde

2.7.10

Ternyata Riya Punya Saudara

Hari ini dapet ilmu baru di pengajian kantor, selama ini syirik kecil yang saya tahu hanya riya. Riya menurut media-islam, adalah berbuat kebaikan/ibadah dengan maksud pamer kepada manusia agar orang mengira dan memujinya sebagai orang yang baik atau gemar beribadah seperti shalat, puasa, sedekah, dan sebagainya. Riya merupakan syirik kecil yang bisa menelusup dari celah-celah terkecil pada diri kita. Bahkan Rasululloh saja sangat mencemaskan kita sebagai umatnya terhadap syirik kecil ini, sebagaimana sabda Rasululloh :

“Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takutkan terjadi pada kalian adalah syirik kecil.” Para sahabat bertanya, “Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah SAW?”, Beliau menjawab, “Riya! Dan Allah akan berkata pada hari kiamat, terhadap mereka-meeka yang riya, ‘pergilah kalian kepada orang-orang yang dahulu di dunia kalian rya’i, apakah kalian mendapatkan ganjaran dari mereka?” (HR. Ahmad)


Alhamdulillah, mendatangi pengajian tadi merupakan reminder buat saya untuk berhati-hati dalam berperilaku, bertindak maupun berucap.

Selain riya, ada satu syirik kecil lain, namanya sum’ah. Sum’ah merupakan perbuatan baik/ibadah yang dilakukan di masa lampau kemudian diceritakan kembali kepada orang lain dengan maksud orang lain mengetahui amal/perbuatannya. Kemudian saya googling, dan mendapatkan beberapa informasi yang sangat berguna untuk saya dan mudah-mudahan bermanfaat pula bagi yang membaca.

Rasulullah memberi peringatan kepada mereka dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra :

"Barangsiapa melakukan perbuatan sum'ah niscaya Allah akan memperdengarkan aibnya dan barang siapa melakukan perbuatan riya', niscaya Allah akan memperlihatkan aibnya."


Lalu Kami hadapkan amal yang mereka kerjakan, kemudian Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan. (QS. Al-Furqan : 23)


Dalam ayat di atas menjelaskan bahwa jika seseorang berbuat berdasarkan riya dan sum’ah maka perbuatannya menjadi sia-sia. Terbayang kan, bagaimana perbuatan yang sudah dilakukan menjadi tertolak di mata Allah. Naudzubillahi min dzalik.

Dalam hadits qudsi (yang saya dapat dari sini) Allah berfirman:

Aku adalah yang paling tidak membutuhkan sekutu. Barangsiapa yang beramal untuk-Ku dengan menyekutukan selain-Ku, maka Aku bebas dari dia dan dia Aku serahkan kepada sekutunya itu. (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)


Dari sini saya membaca:
Barangsiapa melakukan suatu amal shalih, tiba-tiba terbetik dalam hatinya perasaan riya', tetapi ia membenci perasaan tersebut, berusaha melawan dan menyingkirkannya, maka amalannya tetap sah. Berbeda halnya jika ia hanya diam dengan timbulnya perasaan riya', maka menurut sebagian besar ulama amal yang dilakukannya menjadi batal dan sia-sia.

Subhanallah, mudah-mudahan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang senantiasa diingatkan dan diberi petunjuk oleh Allah untuk tetap istiqomah. Amin.